Buy and Sell text links

Antisipasi Karhutla, DPRD OKI-OI Wacanakan Penerapan "Land Clearing"

Antisipasi Karhutla, DPRD OKI-OI Wacanakan Penerapan "Land Clearing" 

INDRALAYA--Sejak lebih dari lima tahun terakhir bencana kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) yang melanda wilayah Sumsel menjadi sorotan dunia internasional. Berbagai macam upaya pencegahan dam penanggulangan bencana Karhutla sudah diterapkan oleh pemerintah mulai dari penyediaan embung, sekat kanal, water bombing. Bahkan, penerapan Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC) pun saat ini masih terus berlanjut. Namun, faktanya masih saja terjadi bencana Karhutla. Untuk itu, wakil rakyat pun turut bertanggung jawab dan berperan dalam mencegah bencana yang dikategorikan selalu terjadi menjelang musim panas (kemarau) tiba. Sejumlah anggota DPRD Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) dan DPRD Kabupaten Ogan Ilir (OI) menggelar pertemuan untuk membahas perencanaannya dalam mengantisipasi bencana Karhutla. Mengingat Kabupaten OI dan Kabupaten OKI setiap tahunnya selalu mengalami bencana Karhutla. 

Mereka mewacanakan penerapan pola "Land Clearing" atau peremajaan kebun masyarakat yang penerapannya bersumber dari dana subsidi APBD untuk penanggulan bencana Karhutla. Hal tersebut diungkapkan oleh anggota DPRD Kabupaten OI dari Komisi III Rahmadi Djakfar saat menerima kunjungan kerja DPRD Kabupaten OKI, Selasa (31/7) di ruang rapat pertemuan KPT Tanjung Senai Indralaya. "Kita akan wacanakan land clearing pemerajaan kebun bagi masyarakat agar dalam membuka lahan tidak lagi dengan cara dibakar. Tetapi yang jadi permasalahannya hingga saat ini belum mempunyai payung hukum," katanya. Menurut Rahmadi, permasalahan di OKI dan OI dalam penanggulan bencana Karhutla ini sama, dikarenakan kultur masyarakat dalam membuka lahan dengan cara membakar yang saat ini belum menemukan solusi membuka lahan dengan tidak cara membakar lahan. "Kita upayakan untuk subsidi land Clearing peremajaan kebun bagi masyarakat agar tidak ada lagi yang membakar lahan, sesuai intruksi dari bapak Gubernur Sumatera Selatan H Alex Noerden dalam menyambut perhelatan Asian Games harus Zero asap," paparnya.(cr7)

Teks photo : Anggota DPRD OI dan DPRD Kabupaten OI menggelar rapat pertemuan. Mereka membahas mengenai antisipasi bencana Karhutla.






Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Antisipasi Karhutla, DPRD OKI-OI Wacanakan Penerapan "Land Clearing""