Buy and Sell text links

Berita Martapura Minggu (30/7) Penembak Pemudik dari Jakarta Akhirnya Ditangkap

Foto: Istimewa

Teks Foto: TERSANGKA – Tersangka penembak Kurniadi yang dalam perjalanan mudik sebelum tiba di rumahnya.

 

 

Penembak Pemudik dari Jakarta Akhirnya Ditangkap

 

//Masih Berusia 17 Tahun

 

 

MARTAPURA, SRIPO – Pelaku penembakan terhadap Kurniadi (29), warga Desa Srikencana, Kecamatan Madang Suku II hingga meninggal dunia di tempat kejadian pada 22 Juli 2017 atau H-1 Idul Fitri 1438 H ketika baru tiba dari Jakarta akhirnya tertangkap Kamis (27/5) sekitar pukul 22.00. Tersangka ditangkap dipersembunyiannya sebuah rumah kosong di kecamatan BP Peliung.

 

"Anggota Tim Sido Walet Polres OKU Timur baru berhasil menangkap satu tersangka yang meng-eksekusi korban dengan Senjata Api hingga meninggal dunia. Sedangkan ketiga rekannya masih dalam pengejaran petugas,"ungkap Kapolres OKU Timur AKBP Irsan Sinuhaji didampingi Kasubag Humas dan Kasat Reskrim AKP Faisal P Manalu Minggu (30/7).

 

Menurut Kasat, Roy Merupakan pelaku penembak korban dan yang mengambil tas serta sepeda motor korban. Sementara ketiga rekannya ikut serta menemani dan menginstruksikan kepada tersangka untuk menembak korbannya karena memberikan perlawanan ketika mereka dirampok.

 

"Awalnya mereka mengikuti korban yang berboncengan dengan keponakannya. Kemudian mereka menghentikan korban dan meminta sepeda motornya. Namun korban justru melawan hingga kemudian tersangka menembak korban hingga meninggal dunia," katanya.

 

Berdasarkan keterangan pelaku dihadapan penyidik, perampokan yang mereka lakukan H-1 Menjelang Idul Fitri tersebut berawal ketika korban Kurniadi dan keponakannya bernama Sandi (20) berangkat mudik dari Ibukota Jakarta untuk merayakan Idul Fitri 1438 H di Kampung halamannya Kecamatan Madang Suku II OKU Timur dengan mengendarai sepeda motor jenis Yamaha V-ixion warna putih merah Nomor Polisi (Nopol) BG 5936 ES dari Jakarta menuju desa Srikencana Kecamatan Madang Suku II.

 

Ketika Kurniadi dan keponakannya melintasi ruas jalan Desa Sribunga, ternyata mereka sudah dibuntuti oleh dua orang tak dikenal yang mengendarai sepeda motor CB warna  yang langsung menembak korban dari samping dan tepat mengenai tengkuk korban hingga meninggal dunia di Tempat Kejadian Perkara (TKP).

 

Dihadapan Polisi, tersangka Roy mengaku melakukan pembegalan dan penembakan Kurniadi berawal ketika dia bersama tiga rekannya masing-masing Yoga, Beri, dan Sumo Kamis (22/6/2017) lalu bertemu di warung milik Oman. Setelah bertemu di warung tersebut, ke empat pelaku kemudian berpindah tempat ke sebuah pabrik untuk mengintai korbannya.

 

"Tidak lama kami menunggu, kemudian korban dan rekannya melintas dengan cara berboncengan. Melihat korban melintas. Sumo kemudian berboncengan dengan saya. Sedangkan Beri berboncengan dengan Yoga mengejar dan membuntuti korban," pengakuan tersangka Roy.

 

Dilanjutkan Tersangka Roy, setibanya di ruas desa Sribunga, Sumo dan Roy langsung memepet korban. Setelah korban berhasil dipepet, tersangka Sumo langsung memberikan senjata api kepada dirinya untuk mengancam korban agar berhenti dan menyerahkan sepeda motor yang mereka bawa.

 

"Kurniadi dan keponakannya kemudian berhenti. Namun mereka tidak mau menyerahkan sepeda motor yang mereka bawa. Dia justru memberikan perlawanan dengan cara menendang," katanya.

 

Melihat korbannya memberikan perlawanan, Sumo kemudian memerintahkan Roy untuk menembak korban yang tepat mengenai tengkuknya dan meninggal dunia diTempat kejadian perkara.

 

"Setelah korban terjatuh, tersangka Yoga kemudian mengambil sepeda motor korban. Sedangkan saya mengambil tas korban. Kemudian kami berlari dan berhenti di tanggul Irigasi dibelakang SMP Anyer. Kami kemudian menuju Desa Rawasari untuk menaruh motor dikebun," katanya. (hen).

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Berita Martapura Minggu (30/7) Penembak Pemudik dari Jakarta Akhirnya Ditangkap"