Buy and Sell text links

Sumsel Pasca Alex Noerdin (sub)

Sumsel Pasca Alex Noerdin (sub)
Wari Siap Hadir

PALEMBANG, SRIPO--Bupati Lahat H Saifudin Aswari Rifai siap hadir pada acara diskusi publik Sumsel Pasca Alex Noerdin yang bakal digelar forum pemimpin media di Palembang. Sebelumnya Wagub Sumsel H Ishak Mekki dan mantan Bupati OKUT H Herman Deru juga sudah menyatakan kesiapannya.
Hal itu dinyatakan Wari ketika bertemu Pemred Sripo yang juga Ketua Kompas Gramedia Sumbagsel Hadi Prayogo dan Pemred Tribun Hj Wenny Ramdiastuti dalam pertemuan tak sengaja, di Hotel Exelton, Jumat (30/6).
Seperti diketahui dialog berseri yang nanti berujung pada debat kandidat sudah direncanakan pimpinan media sebagai wujud partisipasi media dalam suksesi kepemimpinan Sumsel untuk menggantikan H Alex Noerdin yang sudah menjabat dua kali.
Dalam kesempatan buka puasa dengan para pemimpin redaksi, minggu lalu, Alex juga sudah menyatakan persetujuannya acara itu. "Paling tidak masyakarakat bisa mengetahui figur para kandidat," jelasnya.
Seperti diketahui saat ini sudah bermunculan para tokoh yang sudah menyatakan diri lewat media massa, spanduk, sosialisasi dan lainnya untuk maju pada Pilgub 2018. Antara lain Ishak Mekki, Saifudin Aswari Rifai (Wari), Herman Deru juga mantan Gubernur H Syahrial Oesman. Nama lain yang dipastikan ikut adalah Bupati Muba Dodi Reza Alex dan Ketua DPRD Sumsel Giri Ramanda.
Menurut Wari, figur Alex Noerdin memang tidak bisa dikalahkan para calon gubernur Sumsel yang saat ini bermunculan. "Bahkan beliau itu nomor satu dibandingkan dengan Gubernur lainnya di Indonesia," katanya. Karena itu Wari setuju jika dalam dialog nanti para kandidat mendengarkan paparan Alex Noerdin. Lalu bersama para narasumber yang terdiri dari kalangan akademisi lokal dan nasional merumuskan figur Gubernur Sumsel 2018-2018.
Sementara Ishak Mekki beberapa waktu lalu memandang dialog publik para kandidat ini lebih untuk sarana silaturahmi para kandidat sehingga mengesankan Pilkada Gubernur yang damai. "Dialog untuk kemajuan Sumsel dan yang terpenting silaturahmi antar kandidat," katanya.
Sedangkan Herman Deru menyatakan siap hadir untuk membahas berbagai pandangan dengan para kandidat dan narasumsber akademisi tentang Sumsel ke depan. "Saya sudah siap sejak ikut Pilgub 2013. "Saya oke saja mas, saya tunggu undangannya, " tegas Herman Deru.
Sustainable Development
Sementara itu pengamat politik Unsri Prof Febrian mengungkapkan gubernur mendatang harus bisa melanjutkan pembangunan yang sudah dibikin Alex Noerdin meskipun tidak harus sama misal menambah koridor Light Rail Train (LRT). "Gubernur baru bisa saja menutupi kekurangan pembangunan infrastuktur di Sumsel. Infrastruktur jalan di Sumsel banyak yang rusak. Katakanlah itu jalan negara, mengapa di provinsi lain jalan negara bagus tapi jalan negara di Sumsel tidak bagus," ujarnya ketika dihubungi semalam.
Sedangkan untuk melanjutkan pembangunan khususnya Asian Games, Gubernur baru bisa menghidupkan Jakarta Sport City (JSC) dengan rutin menyelenggarakan even internasional. Kalau menambah koridor LRT agak sulit karena proyek LRT ada bukan untuk menjawab transportasi Palembang tapi untuk kelengkapan Asian Games 2018.
Gubernur baru juga bisa merangcang agar pembangunan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Tanjung Api-api terlaksana karena jika selesai bisa dipastikan akan menyerap ratusan ribu tenaga kerja. "Yang terpenting kandidat punya visi melanjutkan pembangunan Gubernur sebelumnya meskipun tidak harus membangun proyek mercusuar seperti LRT," tegas guru besar Unsri ini.
Ketika ditanya menjagokan siapa diantara para kandidat yang ada. Sambil tersenyum Febrian mengatakan semua kandidat memiliki kans yang sama, meskipun dia melihat potensi Aswari dan Ishak Mekki perlu diperhitungkan seluruh kandidat. "Saya melihat kawasan OKI, OI hingga Palembang dikuasai Ishak Mekki. Sedangkan Aswari yang didukung Gerindra memiliki keuntungan partai politik yang solid di bawah pimpinan Prabowo Subianto dan bisa saja ada Efek Jakarta (maksudnya kemenangan Anies-Sandi yang didukung Gerindra menang dalam Pilgub DKI,red) sampai Palembang," tegasnya.
Namun secara umum, Febrian menggarisbawahi, apa yang dilakukan para kandidat dalam satu tahun ke depan pasti berpengaruh pada Pilgub ke depan. "Kita tunggu saja apa kiprah mereka," tegasnya. (cr29)











Dikirim dari iPad saya

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Sumsel Pasca Alex Noerdin (sub)"