Buy and Sell text links

Foto: Igun/Mang Jack

Features

Makin Jenong, Makin Seksi
-Louhan Seharga Rp25 Juta Ikut Kompetisi

PERHATIAN pengunjung Palembang Indah Mall (PIM) langaung tersedot ke deretan akuarium yang tersusun rapi di basement, Jumat (31/3). Dalam kotak kaca bening berisi air bersih tersebut, sosok cantik ikan Louhan dari aneka jenis meliuk dengan lincah. Bahkan beberapa pengunjung mencoba mengajak bermain hewan yang sempat ngetop di era tahun 2000an tersebut dengan menempelkan jemari di dinding akuarium.

Seakan mengerti jika sedang digoda, ikan Lohan jenis Free Marking ini langsung bergerak luwes mengikuti arah jari pengunjung. Spontan pengunjung dibuat terperangah saat panitia menjelaskan jenis tersebut dengan jenong yang diselimuti 'mutiara' sempurna, ditambah totol hitam yang cantik, membuat ikan ini sampai dihargai Rp25 Juta.

Kompetisi Louhan kali ini dilakukan oleh Perhimpunan Pecinta Louhan Indonesia (PPLI) untuk kota Palembang. Kontes regional ini turut dimeriahkan peserta yang datang dari Bangka, Jambi, Lampung, hingga Jakarta. Semuanya merupakan grup-grup yang mengakomodir pecinta Louhan ini.

Perwakilan dari PPLI cabang Palembang, Cristoper mengatakan, untuk jenis Louhan yang dilombakan meliputi klasik, bonsai (kerdil), Ching Hwa, Chencu, dan Free Marking. Menurutnya, semakin jenong kepala ikan tersebut berbentuk sempurna, maka semakin seksi. "Banyak tim yang ikut, seperti tim lokal dari Single Fighter dan One Ilir," ungkapnya.

Menurutnya, ada seni tersendiri dalam merawat ikan yang masuk kategori Cichlids ini. Secara keseluruhan, ikan tidak boleh cacat secara fisik dan tidak boleh stres. "Untuk kepalanya harus jenong, terus mutiaranya (sisik) bercorak. Lalu totol hitamnya, sirip dan ekor juga harus diperhatikan," jelasnya.

Menurutnya, ikan Louhan sendiri merupakan makhluk penyendiri yang susah hidup apabila digabungkan. Uniknya, semakin tua maka tampilan ikan semakin bagus dan mahal apabila dirawat dengan benar. "Louhan inj bisa bertahan hidup sampai lima tahun. Harganya bervarian, mulai dari ratusan ribu hingga puluhan juta," jelasnya. (yuliani)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to " "