Buy and Sell text links

Ali Langsung Lari //Jembatan Musi IV terancam Molor //Taongkang Batubara Hantam Tiang Pancang

Ali Langsung Lari
//Jembatan Musi IV terancam Molor
//Taongkang Batubara Hantam Tiang Pancang

PALEMBANG, SRIPO--Pembangunan jembatan Musi IV yang menghubungkan seberang ulu kawasan Plaju dan seberang Ilir Pasar Kuto terancam molor. Jembatan yang ditargetkan selesai awal tahun depan itu, kini terancam harus mulai dari awal lagi.

Pasalnya 12 tiang pancang yang berada di perairan sungai Musi tepatnya Kecamatam Seberang Ulu (SU) II ditabrak tongkang pengangkut batubara, menyebabkan satu tiang pancang tenggelam, enam tiang miring, tiga tiang goyang menyisakan dua tiang tegak berdiri.  

Namun, kejadian, Jumat (31/3) sore yang sontak menjadi tontonan warga itu, ternyata punya cerita sendiri. Pasalnya, puluhan warga yang sedang asik memancing di sekitar lokasi, panik lari tunggang langgang takut ditabrak tongkang. Apalagi, suara berdegum beradu besi moncong tongkang dengan panjang lebih 100 meter dengan berat ratusam ton, ketika menabrak tiang pancang ditengah sungai membuat warga berhamburan. 

Seperti yang dirasa Ali (38) warga sekitar. Diceritakanya, sebelum kejadian, ia melihat tongkang itu ditarik menggunakan dua kapal dari arah ulu mengarah ke ilir sungai Musi. 

Namun, diduga tali penarikan tongkang tersebut putus, yang mengakibatkan tongkang tersebut tidak dapat dikendalikan. Sehingga, langsung menabrak tiang pancang yang berada di tengah-tengah sungai. 

"Waktu itu, kami sedang memancing disana. Ketika hendak pindah, ada bunyi tabrakan kami melihat tongkang itu menabrak tiang pancang Jembatan Musi IV," ucapnya

Beruntung dalam insiden tersebut tidak ada korban jiwa, meskipun menurut Ali saat kejadian ia dan rekanya tanpa fikir panjang naik kedarat.

Berdasarkan hasil dilapangan, tongkang tersebut telah dipindahkan, saat ini masih berlangsung negosiasi antara pihak kapal Tanjung Buyut yang menarik kapal dengan PT Adhikarya. Lantaran, selain kerugian materi, kerugian waktu yang membuat target pengerjaan harus selesai tahun depan terancam mundur. 

Sementara itu, Kasat Pol Air Polresta Palembang Kompol Christopher Salohot Panjaitan membenarkan adanya peristiwa tersebut. Menurutnya, dalam insiden tersebut tidak memakan korban jiwa, meskipun sedang ada 

"Kerugian meteril belum kita ketahui. Dan, dugaan penyebabnya masih dalam penyelidikan. Saat ini, kita sudah berkoordinasi dengan pihak penarik tongkang untuk mengevakuasi," pungkasnya. (cr10)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Ali Langsung Lari //Jembatan Musi IV terancam Molor //Taongkang Batubara Hantam Tiang Pancang"