Buy and Sell text links

News analisis

News analysis ATM Jadul

Rizky Pribadi M.Kom
Pengamat IT/Dosen IT MDP

--- Hacker Lebih Maju Selangkah
BERBICARA mengenai sistem yang ada pada sistem mesin ATM, bisa dikatakan keamanannya memang lebih. Terlebih lagi sistem mesin ATM seluruh di Indonesia itu menggunakan sistem komputerisasi.

Diperhatikan sebagian besarnya, beberapa mesin ATM memang pakai sistem program Windows. Sehingga sistem Windows itu memang rentan sekali dengan virus, malware dan lainnya.

Jadi sistem windows itu harus memang diupgrade terus. Yang perlu diketahui, komputer mesin ATM itu memang ada di dalam dan menggunakan OS Windows sebagian besarnya dan

OS Windows itu keamanannya lebih rendah dibandingkan dengan Linux, jadi memang agak rentan. Makanya harus upadate terus aplikasinya dan terus diinstal agar tidak mudah dibobol.

Sebenarnya dengan sistem komputerisasi itu sangat aman yang berlapis-lapis sistem keamanannya. Namun yang perlu diketahui, bahwa hacker itu lebih maju selangkah atau lebih maju kedepan pemikirannya.

Dilihat dari aksi pembobolan yang terjadi selama ini, diperhatikan pelaku pembobolan ATM itu pakai teknik slimming. Cara kerjanya pelaku meletakan alat khusus yang namanya skimmer. Jadi ketika nasabah memasukan kartu ATM dan menekan PIN, alat skimmer bisa langsung merekam.

Setelah itu pelakunya tinggal melakukan duplikat kartu dan bisa menarik uang di mesin ATM. Jadi kepada nasabah, saat akan menarik uang di ATM agar harus ekstra hati-hati dan mengecek betul kondisi mesin ATM.

Terutama untuk mengecek tempat memasukan kartu dan tombol PIn. Biar perlu perhatikan, apakah ada kamera di atas keypad. Selain pelakunya memang jago membobol, namun ada juga yang memanfaatkan kecerobohan nasabah itu sendiri. Karena pakai tekni skimming ituah yang paling mudah dilakukan dengan memanfaatkan ketidak telitian pengguna atau nasabah.(bew)
Sent from my BlackBerry® smartphone from Sinyal Bagus XL, Nyambung Teruuusss...!

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "News analisis"