Buy and Sell text links

Ruas Jalan Tergenang Banjir Masyarakat Teluk Kijing Terancam Terisolir.

SEKAYU, SRIPO-- Kondisi banjir yang terjadi di Desa Teluk Kijing II, Kecamatan Lais, Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) nampaknya bertambah parah. Hal tersebut setelah terendamnya sejumlah akses jalan desa dan keluar desa sedalam 1 meter.
Dari pantauan dilapangan, banjir yang merendam Desa Teluk Kijing II nampaknya sudah cukup mengkhawatirkan. Beberapa jalan ruas desa sudah mengalami terendam banjir antara batas dengkul orang dewas, hingga mencapai ketinggian 1 meter.

Bahkan masyarakat desa setempat harus bersusah payah jika ingin melakukan aktifitas sehari-hari, tak ayal beberapa masyarakat yang biasa menggunakan perahu untuk mencari ikan kini dimanfaatkan untuk menjadi moda transportasi.

"Perahu ini biasanya untuk cari ikan pak, kini digunakan untuk mengantar anak-anak sekolah. Karena jalan desa sudah hampir tenggelam oleh banjir tahunan," kata Edi, masyakat Desa Teluk Kijing, Rabu (30/11)

Ditempat lain, beberapa anak sekolah harus nekat menerobos dinginnya air banjir untuk pulang sekolah. Bahkan ada anak sekolah yang melepaskan sepatu dan tasnya kemudian ditaruh diatas kepala untuk menerjang banjir, kendati baju seragam harus basah terkena air sungai. "Banjir kak, jadi tas sama sepatu dilepas diangkat diatas kepala," kata Fitri siswa SMP.

Terpisah, Kepala Desa Teluk Kijing II, Margaretha H Hasuni, mengatakan bahwa saat ini desanya sudah terendam hampir semua. Terutama akses jalan masuk dan keluar desa sudah tenggelam oleh banjir, jadi kendaraan bermotor tidak bisa memasuki desa sehingga harus berjalan kaki dan menggunakan perahu jika ada.

"Kendaraan bermotor sudah tidak bisa masuk desa lagi, jadi harapan kami agar kiranya pemerintah dapat memberikan bantuan perahu tonggkang untuk menjadi alat trasportasi anak-anak seolah. Jadi jika ada alat transportasi tersebut, bisa membantu meringankan anak-anak jika beraktifitas," ungkapnya. (cr13)

Foto diwarna : SOK
SRIPO/CR13
Ket foto : Sejumlah ruas jalan desa di Desa Teluk Kijing II yang sudah terendam banjir.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to " "