Buy and Sell text links

Lebaran, Masyarakat Sekayu Salat di Masjid Baru

SEKAYU, SRIPO—Pada hari raya Idul Fitri 1437 Hijriah rencananya masyarakat Sekayu, Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) bakal menempati masjid baru untuk menjalankan salat id. Pasalanya masjid raya Muba yang rtelah dibangun sejak tahun 2015 lalu sudah rampung pengerjaanya, dan akan digunakan dalam Nuzulul Qur'an dan salat id.

"Ya, Alhamdulillah masjid raya muba ini sudah selesai dibagun dan sekarang dalam proses pembersihan sisa pembangunan. Rencananya dalam waktu dekat masjid ini akan digunakan untuk Nuzulul Qur'an pada 27 Juni 2016 nantinya," kata Sekretaris Daerah (Sekda) Muba, H Sohan Majid, ketika dibincangi disela-sela tinjauan ke masjid raya, Kamis (23/6).

Dikatakannya, kendati belum memiliki nama khusus bagi masjid raya Muba yang saat ini lebih dikenal masyarakat dengan nama tersebut, rencana pada tanggal 27 tersebut akan digunakan untuk acara Nuzulul Qur'an yang akan dihadiri langsung oleh Bupati Muba. Bahkan kalau tidak ada halangan masjid tersebut akan juga digunakan pada salat id pada hari raya nanti.

"Memang saat ini kondisi masjid masih tampah kotor pasca selesai dilakukannya pembangunan oleh kontraktor, maka dari itu kita meminta agar segera dibersihkan suapaya bisa segera digunakan pada tanggal 27 Juni. Mengenai masalah mimbar dan beberapa peralatan lainnya untuk masjid ini, itu secepatya akan segera menyusul," ujarnya.

Ketika disinggung mengenai banyaknya bagian masjid yang sudah mulai rusak sebelum diresmikan, ia menegaskan bahwa hal tersebut masih berada ditanggung jawab pihak kontraktor. Kita akan memberitahukan permasalahan ini untuk memperbaiki tempat-tempat yang dianggap rusak.

"Mengenai beberapa titik yang rusak ini masih tanggung jawab pihak ketiga, jadi kita berharap sebelum dipakai ada baiknya kerusakan tersebut segera dibenahi. Dan saya juga mengimbau kepada masyarakat Sekayu untuk dapat memakmurkan masjid ini apabila telah dibuka nantinya," jelasnya.

Sementara itu, Kabid Bangunan Dinas PU Cipta Karya (CK) Muba,  Irhansyah, menanggapi mengenai permasalahan adanya bangunan masjid raya yang rusak sebelum diresmikan menjelaskan bahwa pihaknya akan melakukan koordinasi dengan pihak kontraktor. Saya berharap kerusakan-kerusakan tersebut segera dibenahi sebelum masjid ini digunakan nantinya.


"Masalah kerusakan ini masih dalam tahap kontraktor, tentunya  kita akan memberikan pemberitahuan dengan melayangkan surat-surat teguran terkait pemeliharaan tersebut. Dan sebelum digunakan harus sudah selesai seeprti tidak adanya kerusakan dibeberapa bagian," ungkapnya. (cr13)


Foto diwarna : SHN
SRIPO/CR13
Ket foto : Sekda Muba H Sohan Majid pada saat melakukan tinjaun mengenai persiapan penggunaan masjid raya sekayu.
Dikirim melalui BlackBerry® dari 3 – Jaringan GSM-Mu

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to " "