Buy and Sell text links

BERITA PAGARALAM 2

Lurah Juga Bisa Jadi Sekretatis KPU
*KPU Minta Tiga Nama Calon Sekretaris

PAGARALAM, SRIPO -  Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Pagaralam sudah menyampaikan permintaan kepada Badan Kepegawaian Daerah (BKD), untuk memberikan tiga nama untuk jadi calon sekretaris KPU. Hal ini menyusul ditariknya sekretaris sebelumnya, yakni Mastulah ke sekretariat DPRD (Sekwan).

Ketua KPU kota Pagaralam, Yenli Elmanoferi  mengatakan, pihaknya hanya sebatas meminta nama untuk calon kepada BKD. Karena BKD yang punya kewenangan untuk menentukan siapa saja yang akan diusulkannya jadi calon sekretaris KPU.

"Jika dulu kita yang mengusulkan tiga nama untuk jadi calon sekretaris ke BKD. Sekarang Pemkot yang mengusulkan," ujarnya.

Nantinya setelah BKD menyampaikan tiga nama, KPU kota Pagaralam akan menggelar rapat pleno. Di dalam rapat ini, KPU akan  memberikan fit and propert test terhadap ketiga nama tersebut.

"Hasil dari fit and propert test berikut dengan catatannya  akan kita sampaikan kepada KPU provinsi dan KPU RI," jelasnya.

KPU Provinsi Sumatera Selatan kemudian meneliti berkas semua calon yang masuk. Lalu meneruskannya kepada KPU RI di Jakarta. Lembaga tertinggi ini kemudian akan menenetapkan satu nama dari tiga nama yang layak jadi sekretaris KPU kota Pagaralam.

"Yang menenetukan nama yang jadi sekretaris KPU Pagaralam adalah KPU RI," tegasnya.

Lalu, siapa saja yang masuk jadi calon sekretaris KPU kota Pagaralam? Yenli menyatakan, tidak tahu. Sebab, pihaknya belum mendapat informasi dari BKD.

"Belum ada informasi ke kita. Kalau ada pasti kita beritahu," jawabnya.

Hanya dia memprediksi, bahwa nama calon sekretaris KPU kota Pagaralam yang diusulkan BKD nanti bisa saja berasal dari berbagai instansi. Misalnya dari kelurahan, dinas dan bagian. Pasalnya syarat untuk menjadi sekretaris KPU minimal punya pengalaman jabatan eselon IV, pendidikan terakhir sarjana (S1), golongan minimal IIID dan berumur maksimal 5 tahun.

Dandiakuinya, persyaratan itu terpenuhi oleh banyak pegawai negeri sipil (PNS) dilingkungan Pemkot Pagaralam.

"Lurah, sekretaris dinas, Kepala Bagian, berpeluang jadi sekretaris KPU Pagaralam," katanya.(one)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "BERITA PAGARALAM 2"