Buy and Sell text links

BERITA PAGARALAM 1

Ada foto

SRIPO/WAWAN SEFTIAWAN

SISA KEBAKARAN : Tampam puing-puing rumah sisa dari kebakaran di RT16 RW05 Kota Pagaralam.

9 Rumah  Warga Hangus Dilalap Sijaho Merah

PAGARALAM, SRIPO -  Sekitar 9 unit bangunan rumah dan  pertokoan di RT 12 RW 05 Kelurahan Besemah Serasan,  Kecamatan Pagaralam Selatan, hangus di lalap si jago merah, Selasa (31/5) sekitar pukul 02.15 WIB.

Diduga api yang menghanguskan rumah dan bangunan toko terbuat dari kayu dan bangunan permanen, itu berasal dari salah satu rumah warga kemudian langsung menjalar ke bangunan lain yang justru dalam posisi berbaris dan berdempetan.

Sekitar 30 menit kejadian baru datangan petugas PBK dan ramainya warga yang datang menonton menghambat proses pemadaman. Selain menghanguskan sembilan rumah dan toko juga sebagian besar harta benda termasuk barang dagangan hangus.

Setelah sekitar satu jam  petugas BPK dibantu polisi, petugas kecamatan, dan masyarakat setempat berjibaku padamkan api  akhirnya api dapat di padamkan.

Ketua RT 16 RW 05, Suranto didampingi Ketua RW 05 Bambang mengatakan,  peristiwa itu terjadi pukul 02.15 WIB ada rumah yang terbakar, adapun rumah yang terbakar yaitu  milik Obet, Efendi, Salim, dan  Mulyadi, Epan, Yuan Sidik dan  Ujang Suwardi. Memamg semua rumah posisinya bedempetan sehingga mudah membuat api menjalar.

"Untuk penyebab kebakaran belum bisa diketahui dengan jelas, namun diduga oleh arus pendek listrik atau bisa jadi berasal dari gas," ujarnya.

Kapolres Kota Pagaralam, AKBP Hendra Gunawan didampingi  Kapolsek Pagaralam Selatan Iptu Subra didamping Camat Pagaralam Selatan M Helmi mengatakan, kebakaran terjadi setelah api muncul dari salah satu rumah penjual makanan, kondisi bangunan yang banyak terbuat dari kayu sehingga api cukup cepat menjalan ke bangunan lainnya.

"Kebakartan terjadi sekitar jam 02.15 Wib, di RT  16 RW 05 Kelurahan Besemah Serasan, 7 rumah dan 2 bedeng," ujarnya.

Kerugian blm dapat diperkirakan. TKP sudah di pasang Police Line untuk penyidikan. Baru melakukan pendataan jumlah bangunan, terbakar dan rusak akibat kebakaran.

Dalam peristiwa ini tidak ada korban jiwa dan sementara sumber api juga belum bisa di pastikan kemungkinan dugaan sementara arus pendek listrik.

"Kita belum bisa memastikan asal api dan bangunan yang menjadi permulaan api muncul," katanya seraya mengatakan kerugian akibat kebakaran ini diperkirakan mencapai ratusan juta.

Kepala BPBD Kota Pagaralam, Herawadi melalui Kabid Pencegahan dan Kesiapan Siaga PBK, Herdensi mengatakan, ada sekitar empat unit mobil PBK dikerahkan untuk memadamkan api.

"Kita kesulitan memadamkan api karena lokasi kebakaran sudah dipenuhi warga yang ingin menonton dan bangunan sebagian terbuat dari kayu sehingga cepat menjalar," ujarnya.

Untuk pemadaman api personil PBK terjunkan ada  40 personil  dan butuh waktu dua jam baru bisa dipadamkan.(one)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "BERITA PAGARALAM 1"