Buy and Sell text links

Tak Kuat Tahan Air, Tanggul PTPN Jebol

SEKAYU, SRIPO—Hujan deras yang mengguyur wilayah Kecamatan Lais, Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) pada Selasa (12/4) dini hari, menyebabkan tanggul milik PTPN Betung jebol. Jebolnya tanggul yang berada di Talang Duku, Desa Teluk Kijing 3, Kecamatan Lais ini, karena tak kuat menaahan debit air yang tinggi.
 
Akibat tanggul yang jebol tersebut, menyebabkan empat rumah yang berada disekitarnya terkena dampak dari jebolnya tanggul tersebut.  Bahkan masyarakat yang rumahnya berada dilokasi kejadian, tidak sempat menyelamatkan harta bendahnya.
 
"Jembolnya sekitar pikul 00.30 wib, pada saat terjadinya hujan deras dan tiba-tiba air langsung masuk rumah," kata Santi warga sekitar ketika dibinacngi, Selasa (12/4).
 
Kejadian jebolnya tanggul milik PTPN tersebut, menurutnya sangat cepat. Bahkan dirinya tidak bisa menyelamatkan barang-barang elektronik miliknya yang terkena air jebol dari tanggul.  "Cepat sekali kejadiannya, tapi memang sebelumnya hujan, tidak lama, tiba-tiba air air besar langsung masuk kerumah, tidak bisa lagi nyelamematkan barang-barang" ungkapnya.
 
Hal yang sama dikatakan, Hendra, akibat kejadian tersebut sepeda motornya tidak bisa dipakai karena terendam oleh air cukup parah. Bahkan dirinya hampir menjadi korban terbawa oleh air, namun untuk saja ia cepat menyelamatkan diri ketempat yang aman.
 
"Bukan hanya Motor tapi handphone juga rusak karena terendam. Untung bisa berenang, kalau tidak bisa terbawa oleh air saya ini," ujarnya.
 
Sementara itu, Kabid Kedarurat BPBD Muba, Fanfani Syafri ST, mengatakan kita telah mendapatkan kabar mengenai tanggul yang jebol tersebut. Saat ini kita telah menerjunkan tim kelokasi untuk mengecek kelapangan seberapa dampak yang ditimbulkan dari tanggul yang jebol tersebut. 

"Tim sudah kita terjunkan kelapangan untuk mengecek lokasi kejadian pasca terjadinya tanggul yang jebol tersebut, untuk saat ini diketahui belum ada korban jiwa namun kerugian yang dialami oleh warga cukup banyak," ungkapnya. (cr13)
 
 

Foto diwarna : JBL
Ket foto : Kondisi tanggul milik PTPN yang berada di Desa Teluk Kijing III yang jebol karena tak kuat menahan debit air.
Dikirim melalui BlackBerry® dari 3 – Jaringan GSM-Mu

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to " "