Buy and Sell text links

Berita OKI

Jalan Desa Mulai Berkubang
* Belum Pernah Tersentuh Pembangunan
KAYUAGUNG, SRIPO -- Memasuki musim hujan sekarang ini, infrastruktur jalan Desa Tugumulyo Kecamatan Lempuing Kabupaten Ogan Kemering Ilir (OKI), rusak berat bak kubangan kerbau. Padahal jalan tersebut dilalui anak-anak sekolah SMP Negeri 1 Lempuing yang kerap kali membuat terlambat murid sekolah.
Kepala Desa (Kades) Tugumulyo H Irfandi mengakui, kondisi jalan penghubung di desanya rusak parah, apalagi saat musim hujan seperti sekarang ini bak kubangan kerbau dan tanah merah nempel di kendaraan.
"Kalau hujan lebat, baik pelajar ataupun gurunya sulit menuju ke sekolah. Proses belajar mengajar pun sering terhambat karena siswa sering datang telat," kata Irfandi.
Selain sebagai akses menuju sekolah, jalan kearah pematang sawah sepanjang 4 Kilometer juga berlumpur. Padahal jalan itu satu-satunya jalan yang biasa dilalui petani untuk membawa hasil kebun ke kota kecamatan.
"Ketika jalan rusak, maka masyarakat kesulitan mengakut hasil sawah mereka. Termasuk bagi warga Dusun 1 sampai dusun lainnya yang akan menuju ke pasar kesulitan jika hujan," ujar Irfandi seraya mengharapkan pengerasan jalan desa dan jalan menuju sawah.
Kerusakan jalan juga disebabkan, kendaraan besar dan alat berat perusahaan yang melintas. Karena jalan tadi penghubung antar Kabupaten OKU Timur dan OKI. "Warga hanya berharap agar pemerintah baik itu OKI dan OKU memperhatikan secara seksama jalan ini," harapnya.
Menurutnya, agar kondisi jalan tidak semakin parah dan masih bisa dilalui, masyarakat desa bersama unsur muspida seperti Babinsa dan LMP menggelar gotong royong memperbaiki jalan tersebut.
"Gotong-royong ini juga melibatkan ratusan warga termasuk para tokoh agama, tokoh adat dan sejumlah pengusaha disini, tapi memang perbaikan seadanya," terangnya seraya menuturkan, perbaikan dengan cara menimbun tanah dan pecahan batu ala kadarnya.
"Harapan kita jalan ini bisa di cor beton. Sejak dibangun swadaya masyarakat hingga saat ini jalan tersebut belum dibantu untuk pengerasan maupun cor," imbuhnya.
Menanggapi permasalahan tersebut, H Subhan Ismail SH, Kamis (21/4) yang mewakili Komisi III DPRD OKI mengaku akan menyampaikan permasalahan tersebut ke dinas terkait agar segera dibangun. "Kalau memang tahun ini belum terealisasi, mudah-mudahan tahun 2017 bisa dibangun. Karena memang akses jalan ini sangat penting bagi masyarakat, begitu juga bagi pelajar yang akan menuntut ilmu," tandasnya. (mbd)

SRIPO/MAT BODOK
‎GOTONG ROYONG -- Kades dan warga Desa Tugumulyo bersama Babinsa dari Kodim 0402~OKI ber gotong royong memperbaiki jalan yang desa yang rusak. Warga berharap jalan ini agar di bangun cor beton seperti jalan lainnya..jpg (62.4 KB)
Sent from my BlackBerry®
powered by Sinyal Kuat INDOSAT

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Berita OKI"