Buy and Sell text links

Asap Hitan Membumbung Tinggi Hingga 10 Meter

Asap Hitan Membumbung Tinggi Hingga 10 Meter
//Tempat Penyulingan Minyak di Muba Kembali Meledak

MUBA, SRIPO—Untuk kesekian kalinya tempat penyulingan minyak illegal yang berada di Bumi Serasan Sekate kembali meledak. Kejadian meledaknya tempat penyulingan minyak tersebut terjadi di Desa Bangun Sari Kecamatan Babat Toman, Sabtu (7/11/20) sekitar pukul 16.00 WIB.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, meledaknya  tempat penyulingan minyak tersebut ketika sedang berlangsungnya proses penyulingan atau lebih dikenal oleh masyarakat sekitar masak minyak. Suatu kegiatan mengolah minyak hitam asli tambang dari perut bumi menjadi bahan bakar umum seperti solar dan bensin.

Kejadian tersebut sangat tidak diduga menurut informasi yang dihimpun, sejumlah pekerja yang berada dilokasi sedang melakukan pekerjaan seperti biasa. Namun, api pada penyulingan menyambar sejumlah drum yang berada disekitar lokasi. 

Akibatnya ledakan besar terjadi yang terdengar sampai radius 1 kilometer dari lokasi, kobaran api dan asap hitam pekat membumbung tinggi hingga 10 meter. Warga sekitar langsung berupya memadamkan api, dibantu dengan unit pemadam kebakaran dari Kecamatan Babat Toman api berhasil dipadamkan sekitar pukul 18.00 WIB.

"Cukup kuat pak bunyi ledakannya, setelah bunyi langsung api dan asap hitam membumbung tinggi. Kalau pekerjanya semuanya sudah tidak ada,"ujar masyarakat sekitar yang enggan menyebutkan namanya.

Sementra itu, Kapolsek Babat Toman AKP Ali Rojikin SH, mengungkapkan bahwa saat ini pihaknya masih melakukan olah tempat kejadian perkara dan memeriksa sejumlah saksi-saksi yang ada. Tidak ada korban jiwa dari kejadian tersebut, sedangkan pekerja dan pemilik sudah tidak berada di lokasi pada saat kejadian.

"Doakan saja tersangkanya cepat tertangkap, kami masih melakukan penyelidikan lebih lanjut. Untuk sekitr TKP sudah kita pasangi garis polisi untuk mensterilkan tempat kejadian,"tegasnya. 

Sementata itu, Camat Babat Toman, Emilya Afrianita  SSTP menyebutkan terkait penyulingan minyak yang terbakar di Desa Bangun Sari bahwa Pemkab Muba pada beberapa tahun terakhir ini telah melakukan berbagai upaya untuk menghentikan kegiatan ini. Namun, masyarakat terus bermain kucing-kuncingan dengan APH dan pemerintah.

"Kedepan kami dari pemerintah kecamatan siap bekerja keras dan bahu membahu dengan pihak Polsek Babat Toman dan stekholder terkait sehingga kejadian seperti ini tidak terulang kembali,"tegasnya. (dho)

Ket foto : Asap hitam tempat penyulingan minyak yang meledak di Kecamatan Babat Toman Muba.Jadikan gambar sebaris

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Asap Hitan Membumbung Tinggi Hingga 10 Meter"