Buy and Sell text links

NASKAH ADV 1/2 HALAMAN DI SRIWIJAYA POST.


Bupati Ilyas : Dana Desa 2018 Untuk Masyarakat Sejahtera

PADA tahun 2018 ini Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Ogan Ilir (OI) memperoleh alokasi dana Desa yang bersumber dari APBN senilai Rp 176.267 milyar lebih atau meningkat bila dibandingkan pada tahun 2017 lalu. Dana Desa senilai ratusan milyar tersebut diperuntukkan bagi pembangunan 227 Desa yang tersebar di-16 Kecamatan dalam lingkungan bumi "caram seguguk". Bila pada tahun sebelumnya pemanfaatan dana Desa diperuntukkan membangun infrastruktur sarana prasarana seperti pembangunan jalan tiang beton, MCK, gedung Diklat, TPA, siring, parit, serta penyertaan modal untuk badan usaha milik Desa (Bumdes). Kemudian, pemberdayaan Bimtek peningkatan kapasitas aparatur Desa. Namun, pada tahun 2018 ini, Bupati Ilyas Panji Alam mengharapkan kepada seluruh perangkat Desa agar penggunaan dana Desa harus difokuskan untuk padat karya tunai demi terciptanya masyarakat Kabupaten OI yang sejahtera. Hal ini diungkapkan Bupati HM Ilyas Panji Alam saat memberikan kata sambutan pada kegiatan Diseminasi Dana Desa yang dihadiri oleh Dirjen Perimbangan Keuangan Kementerian Keuangan RI DR Boediarso Teguh Widodo. Kegiatan berlangsung di gedung serbagun Komplek Perkantoran Terpadu (KPT) Tanjung Senai Inderalaya, Rabu (31/1). Selain itu juga, kegiatan dihadiri anggota DPR-RI Dapil II H Yulian Gunhar SH MH, Bobby Rizaldy MBA.  

Padat karya tunai merupakan bagian dari program yang telah dicanangkan oleh pemerintah pusat. Untuk itu, dikatakan Bupati Ilyas, penggunaan dana Desa pada tahun ini lebih difokuskan ke sektor sumber daya manusia dengan memanfaatkan potensi-potensi yang dimiliki oleh daerah. "Program ini bertujuan demi terciptanya masyarakat Kabupaten Ogan Ilir yang sejahtera melalui pembangunan sumber daya manusia dan potensi-potensi ekonomi daerah. Kemudian dari pada itu, saya meminta kepada para Camat untuk melakukan pemantauan secara langsung penggunaan dana Desa," harap Bupati HM Ilyas Panji Alam. Pada kegiatan Diseminasi Dana Desa yang dihadiri seluruh Kepala Desa (Kades) se-Kabupaten OI, para perangkat Desa jajaran Camat serta pejabat di lingkungan Pemda Kabupaten OI, Dirjen Perimbangan Keuangan Kementerian Keuangan RI Dr Boediarso Teguh Widodo memberikan pembekalan kepada mereka (Kades) mengenai Diseminasi dana Desa atau penyerbarluasan informasi terhadap kebijakan baru didalam pelaksanaan dana Desa mulai dari kebijakan pembagian dana Desa, penganggaran dana Desa, penyaluran dana Desa serta pelaksanaan dana Desa. 

Bupati Ilyas berharap kepada seluruh para perangkat Desa yang hadir dalam kegiatan pelaksanaan Diseminasi dana Desa untuk serius mengikuti kegiatan pembekalan yang langsung disampaikan oleh Dirjen Perimbangan Keuangan Kementerian Keuangan RI Dr Boediarso Teguh Widodo. Sementara itu, dalam sambutannya disela-sela kegiatan Diseminasi dana Desa, Dr Boediarso Teguh Widodo menyampaikan, di Kabupaten OI ada beberapa potensi dalam hal pengelolaan keuangan pertama pengelolaan keuangan daerah yang cukup baik dengan memperoleh predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari BPK-RI. Kemudian, ada dua indikator yang penting yakni penurunan angka kemiskinan dan meningkatnya angka kesejahteraan masyarakat berdasarkan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) pada tahun lalu yakni 65.35 persen, naik menjadi lima persen menjadi 65.45 persen. Usai memberikan pembekalan, Dirjen Perimbangan Keuangan Kementerian Keuangan RI bersama jajaran didampingi Bupati OI HM Ilyas Panji Alam, anggota DPR-RI Bobby Rizaldy MBA dan H Yulian Gunhar SH MH, melihat hasil dari progres pencapaian program padat karya tunai yang telah disediakan oleh pemerintah setempat seperti seperti pembudidayaan jamur tiram yang disediakan oleh Desa yang berada di Kecamatan Rambang Kuang, pembuatan pupuk kompos, kerajinan songket serta pembuatan batu batako dan paving blok.(ADV/CR7)



Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "NASKAH ADV 1/2 HALAMAN DI SRIWIJAYA POST."