Buy and Sell text links

Berita Martapura Jumat (29/9) Virus Rabies Bisa Lumpuhkan Otak

Foto: SRIPO/EVAN HENDRA

 

Teks Foto: VAKSIN – Petugas dinas peternakan saat memberikan vaksin terhadap hewan peliharaan.

 

 

Virus Rabies Bisa Lumpuhkan Otak

 

//Disnakan Vaksin 1000 Ekor Hewan

 

 

MARTAPURA, SRIPO – Untuk mencegah penyakit rabies, dinas peternakan dan perikanan melakukan kegiatan Bulan Bakti Rabies dengan melakukan vaksin terhadap 1000 lebih hewan peliharaan masyarakat yang ada di Kabupaten OKU Timur. Demikian diungkapkan Kadisnakan melalui Kabid Peternakan dan Kesehatan Hewan Muhammad Irsadi Jumat (29/9).

 

Menurut Irsadi, hewan yang diberikan vaksin sebagian besar terdiri dari Anjing, Kucing dan Kera. Sedangkan untuk lokasi vaksin yang terbanyak dilakukan di wilayah Kecamatan Madang Suku III, Semendawai Timur, Buay Madang Timur,  BP Peliung dan Belitang III.

 

"Pemberian vaksin kepada hewan peliharaan ini untuk mencegah penyakit rabies di OKU Timur," kata Irsadi.

 

Pihaknya menghimbau kepada masyarakat yang mempunyai hewan peliharaan seperti Anjing, Kucing dan Kera supaya di berikan Vaksinasi rabies sehingga pemilik bisa dengan leluasa dan tidak perlu khawatir terkena rabies jika terkena gigitan ataupun cakaran hewan peliharaan tersebut.

 

"Vaksinasi rabies mudah di dapat. Masyarakat langsung datang ke Disnakan dalam bidang Keswan atau dapat menghubungi kantor Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) di masing-masing Kecamatan di Kabupaten OKU Timur," katanya.

 

Menuurt Irsadi, penyakit rabies menjadi perhatian banyak kalangan karena jika virus tersebut mencapai ke otak manusia atau hewan maka tidak ada obat yang bisa menyembuhkannya.

 

"Kecepatan virus mencapai otak manusia tergantung dari jauh dekatnya gigitan hewan yang terkena rabies dan juga contain ataupun jumlah virus yang masuk ke dalam tubuh orang yang tergigit," katanya.

 

Dia menggambarkan, kecepatan virus menuju otak manusia berdasarkan letak gigitan adalah satu sampai dua centimeter. Misal orang dengan tinggi 180 Cm digigit anjing gila (rabies) dikaki bagian bawah (Telapak kaki, red), maka virus akan sampai ke otak antara 90 sampai 180 hari.

 

"Jadi orang yang tergigit anjing gila (rabies) kadang–kadang lupa bahwa dia pernah tergigit anjing, karena virus mencapai otak tiga hingga enam bulan berikutnya," pungkasnya. (hen).

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Berita Martapura Jumat (29/9) Virus Rabies Bisa Lumpuhkan Otak"