Buy and Sell text links

Tambah Empat Sekat Kanal

Tambah Empat Sekat Kanal

INDERALAYA--Berkali-kali terjadi kebakaran hutan dan lahan  membuat pihak Kepolisian merasa pusing kepala. "Segala upaya telah kita lakukan untuk mencegah jangan sampai terjadi kebakaran lahan dimulai dari pembuatan sekat kanal, patroli gabungan yang melibatkan pihak BPBD, TNI-Polri. Namun masih saja terjadi kebakaran lahan," sesal Kapolres OI AKBP M Arief Rifai SIk. Untuk kesekian kalinya, lanjut Kapolres, pihaknya kembali menambah empat lokasi pembuatan sekat kanal dan penambahan embung. 

"Dengan total sebanyak 49 sekat kanal yang telah dibuat dan 57 embung," kata Kapolres OI Senin (14/8) saat meninjau lokasi pembuatan sekat kanal di kawasan KTM Sungai Rambutan Inderalaya Utara. Dengan telah ditambahnya pembuatan sekat kanal dan embung, Kapolres mengharapkan dapat memperkecil resiko terjadinya kebakaran hutan dan lahan. "Dengan adanya sekat kanal, air tidak mengalir ke sungai alias tertampung. Dan mengakibatkan lahan yang tadinya kering menjadi basah. Sehingga dapat memperkecil terjadinya kebakaran lahan," harap AKBP M Arief Rifai SIk. 

Intensitas kebakaran lahan yang terjadi di Kabupaten Ogan Ilir (OI) akhir-akhir ini, kian meningkat dan menjadi sorotan nasional. Berdasarkan data dari pihak BPBD OI bila di Kabupaten OI sudah 180 ha lebih lahan terbakar terhitung sejak Mei-Agustus lebih dari 40 kali terjadinya kebakaran lahan khususnya di dua lokasi KTM Rambutan dan Pemulutan. Bahkan, sampai dengan saat ini masih saja terjadi kebakaran lahan. Terakhir kali pada Sabtu siang (12/8) lalu, api kembali menghanguskan puluhan ha lahan gambut kering di kawasan Pemulutan Barat Kabupaten OI. Beruntung api bisa dipadamkan dengan mengerahkan satu unit helikopter "water bombing". 

Tentu saja keadaan tersebut telah mengundang perhatian dari pemerintah pusat. Mengingat, Sumsel sebentar lagi akan menjadi tuan rumah penyelenggaraan Asean Games 2018 mendatang. Menurut sumber terpercaya dari Mapolda Sumsel, dijadwalkan bila pada Selasa (15/8) pukul 09.00, Assops Mabes Polri beserta jajaran dijadwalkan akan berkunjung ke Kabupaten OI. Kunjungan Perwira Tinggi Polri tersebut dalam rangka meninjau lokasi terjadinya kebakaran hutan dan lahan di kawasan KTM Sungai Rambutan Inderalaya Utara Kabupaten OI. Berdasarkan pantauan di lokasi, tepatnya di Pos Pantau Km 21 Desa Sungai Rambutan Inderalaya, sejumlah petugas Kepolisian baik dari Polda Sumsel, Polresta Palembang, Polres OI melakukan persiapan untuk menyambut kedatangan Assops Mabes Polri.(cr7)

Teks photo : Kapolres Ogan Ilir AKBP M Arief Rifai SIK beserta jajaran saat meninjau lokasi penambahan pembuatan sekat kanal di kawasan KTM Sungai Rambutan Inderalaya Utara Kabupaten OI. 





 






Terkirim dari Samsung Mobile.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tambah Empat Sekat Kanal"