Buy and Sell text links

Berita OKI


Siapkan Jasa Pelayanan Kesehatan Gratis
* Siagakan 9 Puskesmas di Jalintim dan Jalan Alternatif
KAYUAGUNG, SRIPO -- Puskesmas sepanjang Jalan Lintas Timur (Jalintim) Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) dan Jalan Alternatif Kayuagung-SP Padang-Jejawi, siapkan jasa pelayanan kesehatan gratis bagi pemudik lebaran yang melintas baik pengobatan maupun beristrirahat, Kamis (22/6).
Pelayanan kesehatan tersebut dibuka selama 1 x 24 jam. Hal ini di intruksikan oleh Bupati OKI H Iskandar SE melalui Sekretaris Daerah (Sekda) OKI H Husin SPd MM. "Kami sudah koordinasikan dengan Dinas Kesehatan agar semua puskesmas yang ada di sepanjang Jalintim OKI dan jalan alternatif untuk standby, tetap buka," kata Husin.
Husin meminta kepala dinas kesehatan untuk melakukan controlling terhadap semua tim medis yang ada disetiap puskesmas, terutama puskesmas yang berada di sepanjang Jalintim OKI dan jalan alternatif.
"Kami tidak segan-segan merekomendasikan tim medis yang lalai dalam menjalankan tugas untuk diberikan sanksi. Untuk tim medis tentu tidak ada kata libur pada saat lebaran dan diharap dapat bekerja maksimal," tegas Sekda Husin, karena ini menurut Husin perintah dari bupati.
Kepala Dinas Kesehatan OKI, HM Lubis MKes menambahkan, ada puskesmas disepanjang Jalintim OKI dan di Jalan alternatif Kayuagung, SP Padang, dan Jejawi disiagakan memberikan pelayanan kesehatan bagi pemudik dan masyarakat diantaranya Puskesmas Pematang Panggang I, Puskesmas Tugu Mulyo, Puskesmas Tugu Jaya, Puskesmas Muara Burnai, Puskesmas Mulya Guna Pedamaran, Puskesmas Sugiwaras, dan Puskesmas Celikah.
Untuk jalan alternatif ada dua titik pertama di Puskesmas SP Padang, Puskesmas Jejawi juga siap melayani kesehatan bagi pemudik. "Yang jelas pemudik silakan mampir dan istrirahat ke puskesmas untuk agar perjalan tetap aman dan lancar," ujar Lubis.
Masih kata Lubis, puskesmas yang disiagakan telah memiliki fasilitas lengkap terutama dalam menangani korban lakalantas, seperti fasilitas Unit Gawat Darurat (UGD), perawat jaga, dokter, fasilitas pertolongan pertama seperti dalam memberikan infus kepada pasien, menjahit luka, pembiusan dan sebagainya.
"Jika korban lakalantas kondisinya cukup parah, maka akan langsung dirujuk ke Rumah Sakit Daerah Kayuagung maupun rumah sakit besar di Palembang," tutur Lubis.
Dia menambahkan puskesmas yang disiagakan itu juga dapat memberikan pelayanan kesehatan umum seperti pemeriksaan rutin, pasien berobat karena demam dan sebagainya.
Dia menginggatkan kepada tenaga medis untuk tetap stanbay di puskesmas masing-masing guna memaksimalkan pelayanan yang diberikan.
"Selain pelayanan puskesmas juga ada posko bersama dengan pihak  Polres dan Kodim 0402/ OKI," tandas Lubis. (mbd)

SRIPO/MAT BODOK
Sekda OKI H Husin SPd MM

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Berita OKI"