Buy and Sell text links

2912bew1.kot

Pelayanan Publik Masuk Zona Kuning
//Ombudsman Terima 128 Laporan

PALEMBANG, SRIPO --- Pelayanan publik yang diberikan pemerintah di wilayah Sumsel, masih dikeluhkan sebagian warga. Tercatat sepanjang tahun 2016, Ombudsman RI perwakilan Sumsel menerima sebanyak 128 laporan keluhan masyarakat.

"Dibandingkan tahun sebelumnya, jumlah laporan masyarakat terhadap pelayanan publik memang turun. Dari 148 laporan turun ke angka 128 laporan," ujar Indra Zuardi, Kepala Ombudsman RI Perwakilan Sumsel, Kamis (29/12).

Indra mengatakan, pelayanan publik di Sumsel ini masuk zona kuning atau zona menengah. Terutama untuk pemerinta kabupaten dan kota di Sumsel. Hanya saja untuk Pemprov Sumsel masuk kategori zona hijau yang artinya pelayanan publik diselenggarakan dengan tingkat kepatuhan yang tinggi sesuai dengan aturan undang-undang pelayanan publik.

"Di wilayah Sumsel masih beruntung, tidak ada yang masuk zona merah. Dari 128 laporan masyarakat ini, semuanya hampir menyebar merata untuk seluruh daerah wilayah Sumsel," ujarnya.

Dari 128 laporan masyarakat, Indra menjelaskan, mayoritas masyarakat masih mengeluhkan pelayanan publik dimulai dari tingkat kelurahan, kecamatan dan dinas-dinas pemerintah daerah. Terutama pada saat masyarakat hendak berurusan proses pembuatan E-KTP dan juga di bidang kesehatan.

"Dari persentasenya memang turun sekitar 10 persen. Tapi kita belum tahu, apakah memang pelayanan publik di Sumsel sudah membaik atau masyarakat yang malas melaporkannya. Pastinya kami dari Ombudsman menyelesasikan secara tuntas setiap laporan yang masuk," ujarnya.

Indra menambahkan, sangat diharapkan untuk kedepannya kepada pihak pemerintah untuk selalu meningkatkan pelayanan publiknya kepada masyarakat. Dikarenakan perlu adanya komitmen dari pemerintah sebagai penyelenggara pelayanan publik.

"Terutama soal SDM pemerintahnya, diharapkan agar pelayanan publik benar-benar diselenggarakan sesuai SOP. Agar tingkat kepatuhannya pelayanan publiknya menjadi lebih baik dari sebelumnya," ujarnya.(bew)
Sent from my BlackBerry® smartphone from Sinyal Bagus XL, Nyambung Teruuusss...!

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "2912bew1.kot"