Buy and Sell text links

Berita


Penderita Gangguan Jiwa Cukup Tinggi
// Di Kecamatan Tebingtinggi Tertinggi

EMPATLAWANG, SRIPO
- Sepanjang tahun 2016 penderita penyakit pisikotik (gangguan jiwa) di Kabupaten Empatlawang cukup tinggi, sebanyak 213 kasus penderita ganguan jiwa yang diwilayah Kabupaten Empatlawang.

Data Dinas Kesehatan Kabupaten Empatlawang, warga yang menderita gangguan jiwa tertinggi berada dikecamatan Tebingtinggi sebanyak 51 orang, Kecamatan Lintangkanan sebanyak 45 orang dan Kecamatan Pasemah Airkeruh sebanyak 32 orang.

" Pemderita dipasung ada 42 orang dan yang sudah kita pasilitasi berobat, sebanyak 15 orang, kebanyakan keluarga penderita ini malu menyebabkan kesulitan kami," ungkap Kabid Yankes Dr. Nurul Aliyah pada saat dibincangi diruang kerjanya, Senin(31/10). 

Dikataknnya di Puskesmas terdapat pegawai yang berada dikecamatan melakukan pendataan, karena dipuskesmas yang berada dikecamatan itu sudah ada petugas pengelola kesehatan jiwa.

" tahapannya diobati dulu dipuskesmas, karena tidak semua pasien gangguan jiwa diirujuk sampai ke RS Ernaldi Bahar Palembang," kata Nurul.

Menurut Nurul penyebab penyakit gangguan jiwa disebabkan macam- macam faktor, diantaranya akibat seperti stres defresi.

Dikatakanya terpenting peran keluarga penderita gangguan jiwa agar jangan malu dan menyampaikan kepada petugas pengelola kesehatan jiwa disetiap pusekesmas jika terdapat dilingkungannya.(cr27)





Dikirim dari ponsel cerdas Samsung Galaxy saya.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Berita"