Buy and Sell text links

BERITA PAGARALAM 1

Kopi Pagaralam Diserbu di Festival Almunawar

PAGARALAM, SRIPO – Iven Festival Kopi Kampung Al-Munawar yang dihelat di Kampung Arab, Kelurahan 13 Ulu, Kota Palembang, tidak disia-siakan para pelaku usaha asal Kota Pagaralam yang tergabung Asosiasi UMKM Indonesia (Akumindo) mengenalkan brand kopi dari kaki Gunung Dermpo.

Pada kesempatan tersebut, stand kopi Pagaralam ternyata penuh sesak diserbu oleh para pengunjung yang sengaja datang. Bukan hanya dari wilayah Sumsel, namun juga ada dari mancanegara, salashatunya Malaysia.

Ketua Akumindo Pagaralam, Hendi Romiko SE didampingi Weni Bastian, Bendahara mengatakan, cukup antusias kopi Pagaralam diminati para pengunjung yang datang ke stand Kopi Pagaralam.

"Sejumlah brand kopi Pagaralam dari pelaku usaha kopi tergabung di Akumindo ikut meramaikan Festival Kopi Kampung Amnawar ini. Depati, Putra Abadi, Safirah, Kawah Dempo, HSS, Ayek Gayam dan Kobisa," ujar Romiko.

Para pengunjung cukup antusias mencicipi kopi Pagaralam yang disiapkan gratis di stand Akumindo. Selain itu banyak pengunjung yang memborong sejumlah merk produk kopi Pagaralam yang dikenalkan dalam festival di kampung Arab tersebut.

Iven-iven kopi seperti ini perlu diikuti oleh pengusaha atau perajin kopi asal Pagaralam. Yang pasti untuk promosi kopi. Dari sinilah, kita bisa melihat dan mencermati kekurangan untuk bersaing dengan produk kopi dari luar, seperti dari Medan atau Aceh. Baik dari kualitas ataupun kemasan.

"Kopi Pagaralam sebenarnya tidak kalah bersaing, asalkan, pengolahanya juga baik mulai dari pasca panen, mulai greenbinnya atau pemilihan biji kering harus petik merah, tidak dijemur diatas tanah harus dengan alas. Yang jelas, harus memenuhi standar kualitas yang ditetapkan sementara di Kota Pagaralam yang notabanenya sntra kopi belum ada standar kualitas kopi," katanya.

Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi Usaha Kecil Menengah dan Pengelolaan Pasar (Disperindagkop UKM dan PP) Kota Pagaralam, Drs Marjohan didamipingi Kabid Industri, Reni mengatakan, pihaknya mengapresiasi para UMKM kopi yang tergabung di Akumindo ikut mempromosikan kopi Pagaralam dalam festival kopi Kampung Almunawar di Kota Palembang.

"Sudah seharusnya Kopi Pagaralam terus dipromosikan ke luar. Kita harapkan para UMKM kopi yang ada untuk bisa berinovai menciptakan produk kopi yang berkualitas baik dengan kemasan yang menarik agar bisa bersaing diluar dan diminati pembeli," katanya.(one)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "BERITA PAGARALAM 1"