Buy and Sell text links

BERITA PAGARALAM 1

Pemkot Tingkatkan Transportasi Pedesaan
*Dinas PU Buka Jalan Baru
 
PAGARALAM, SRIPO – Pemerintah Kota (Pemkot) Pagaralam kembali akan membangun jalan baru dibeberapa wilayah di Kota Pagaralam. Namun kali ini pembangunan jalan akan difokuskan diwilayah pedesaan. Hal ini untuk memperlancar jalur tranfortasi dikawasan desa.

Tahun ini, melalui suntikan APBN, sejumlah akses jalan yang dahulunya berupa semak dan hutan, akan dibuka di sejumlah lokasi.

"Tahun ini ada beberapa lokasi yang sudah masuk rencana akan dibuka akses jalan," ujar Kepala Dinas PU Kota Pagaralam, H Hariyadi melalui Kabid Bina Marga, H Adriansyah.

Berdasarkan data yang ada akes jalan baru yang dibuka, seperti di Kelurahan Jokoh, tepatnya di Talang Selebang. Akses tersebut nantinya menghubungkan Kelurahan Pelang Kenidai, Kecamatan Dempo Tengah. Dusun Kerinjing, Kelurahan Agung Lawangan, Kecamatan Dempo Utara, tepatnya di Talang Langor ke Dusun Suka Mulia, tembus ke Dusun Janang, Kelurahan Gunung Dempo, Kecamatan Pagaralam Selatan.

Selain itu di Kecamatan Pagaralam Utara, di Dusun Alun Dua yang berlokasi tidak jauh dari lapangan bola. Termasuk akses menghubungkan kawasan Air Perikan, Kelurahan Nendagung, Kecamatan Pagaralam Selatan menghubungkan Dusun Jambat Akar, Kelurahan Jangkar Mas, Kecamatan Dempo Utara dengan radus sekitar 2 kilometer lebih yang saat ini masih proses pengerjaan dan dibangun tiga jembatan.

"Jika dibebankan kepada dana APBD Kota Pagaralam, tidak memungkinkan jalan tersebut akan dibaangun. Pasalnya Anggaran pembangunan infrastruktur jalan ini tidak sedikit. Bayangkan, dengan dana sekitar Rp1,5 miliar saja hanya mampu untuk pengaspalan jalan saja dengan radius sekitar 1 kilometer. Jadi dana pembangunannya melaui dana APBN," jelasnya.

Lanjut Adriansyah, dengan adanya pembukaan jalan baru bertujuan untuk meningkatkan dan kelancaran arus transportasi di Kota Pagaralam. Tahun ini saja pembangunan akses jalan baru dengan radius sekitar 10 kilometer. Selain menghubungkan akses pemukiman, juga menghubungkan perkebunan warga.

"Kondisi panjang jalan yang ada di Kota Pagaralam meliputi 530 kilometer jalan Kota Pagaralam, 45 kilometer jalan Negara, dan 1,5 kilometer jalan provinsi yang sebelumnya mengalami pengurangan dari 7 kilometer, karena dikembalikan sebagai jalan kota," jelasnya.

Walikota Pagaralam, H Ida Fitriati mengatakan, Pagaralam terus saja melakukan pembangunan dibidang insfrastruktur meskipun anggaran di Pagaralam kecil. Namun Pemkot terus mencari bantuan dana dari pusat agar pembangunan tetap berjalan.

"Kita cari dana pusat dan kita bangunkan di Pagaralam. Jika harus mengandalkan dana kita maka pembangunan akan sulit dilaksanakan karena APBD kita kecil," tegasnya.(one)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "BERITA PAGARALAM 1"