Buy and Sell text links

Berita OKI

Kontraktor Tidak Menghiraukan Keselamatan Warga
KAYUAGUNG, SRIPO -- Pekerjaan pembangunan jembatan di Keluran Sukadana Kecamatan Kayuagung Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI), tidak menghiraukan keselamatan pengendara kendaraan yang melintasi di Jalan Raya Kayuagung-SP Padang.
Pantauan wartawan, Jumat (30/9) alat berat jenis ‎cren mengangkat bahan deksrep, plat dek untuk lantai jembatan penyebrangan. Tak hanya itu, terjadi juga penyempitan jalan akibat kendaraan angkutan bahan jembatan parkir di badan jalan.
Tidak ada satu orang petugas dari kontraktor yang mengatur laju kendaraan. Padahal cren yang
mengangkat bahan bangunan sangat membahayakan. Pekerjaan proyek tadi, sepertinya kurangnya pengawasan, dan kontrol dari pihak keamanan terkait keselamatan pengendara.
"Nah itu, kendaraan bermotor berhenti mendadak melihat benda berat di atas kepala," kata Suryadi (40) warga Desa Serigeni yang sempat menghentikan secara mendadak kendaraan yang dibawanya karena takut.
Senada dikatakan, front masyarakat bersatu (FMB) Sarmedi Udan, seakan-akan pihak kontrak melaksanakan pekerjaan tidak menjalan standar operasional prosedur (SOP) sebagai standarisasi cara dilakukan pekerjaan.
"Kalau sudah terjadi kecelakaan dalam pekerjaan maupun terjadi kecelakaan bagi pengguna jalan akibat alat berat itu, siapa yang harus disalahkan," ujar Sarmedi.
Pemerintah dan pihak berwajib harus mengawasi pekerjaan yang dianggap melalaikan keselamatan pekerja dan orang banyak dibawah jembatan yang baru dibuat tidak yang mengatur lalulintasnnya, saat-saat ada pekerjaan di atas badan jalan.
Untuk itu, Sarmedi mendesak yang berwajib untuk segera mengawasi dan memanggil pihak kontraktor, karena diduga kontraktor tidak menjalankan pekerjaan sesuai dengan SOP. Kontraktor sudah jelas melalaikan ketentuan pelaksaan pekerjaan proyek.
"Perusahaan sebesar ini, kok bisa-bisanya melalaikan keselamatkan kerja," ujar Sarmedi perusahaan telah menyalahi prosedur yang telah ditentukan.
Sementara itu, pihak kontraktor yang melakukan pekerjaan itu, ketika hendak dikonfirmasi tidak bersedia. (mbd)

SRIPO/MAT BODOK
‎Cren mengangkat alat deksrep, plat dek untuk lantai jembatan penyebrangan tanpa menghiraukan keselamatan pengguna jalan baik itu kendaraan roda dua dan empat yang melintas di Jalan raya Kayuagung-SP Padang..jpg (231.3 KB)

Sent from my BlackBerry®
powered by Sinyal Kuat INDOSAT

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Berita OKI"