Buy and Sell text links

BERITA PAGARALAM 1

Ajukan Izin Kelola Gunung Dempo ke Provinsi
*Pemkot Pagaralam akan Kelolah Jalur Pendakian
*Naik Puncak Akan Dipungut Retrebusi

PAGARALAM, SRIPO - Untuk mengoptimalkan pendapatan dari sektor pariwisata di Kota Pagaralam, Walikota Pagaralam Hj Ida Fitriati berencana akan melakukan pengelolahan potensi hutan yang ada di Pagaralam. Pasalnya jika melihat potensi alam yang ada di Pagaralam bisa dimanfaatkan untuk objek wisata alam dan wisata advanture.

Namun sayangnya hampir semua hutan di Pagaralam berada dikawasan hutan lindung yang harus memiliki izin untuk melakukan pengelolahan dibidang pariwisata. Termasuk hutan dikawasan Gunung Dempo yang merupakan milik Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel).

Rencananya Walikota bersama Pemerintah Kota (Pemkot) Pagaralam akan mengajukam izin ke Provinsi untuk pengelolahan kawasan Gunung Dempo. Nantinya kawasan Gunung Dempo akan diserahkan kepihak ketiga pengelolahannya agar bisa dikelola secara profesional dan mampu menambah PAD Pagaralam.

Walikota Pagaralam, Hj Ida Fitriati mengatakan, jika mendapat izin dari pemerintah provinsi untuk mengelolah Gunung Dempo, pemkot akan mengajak pihak ketiga untuk mengelolahnya.

"Jika mendapat izin kita akan kelolah Gunung Dempo termasuk lokasi pendakian dengan profesional. Kita kelolah seperti gunung-gunung lain yang ada di Indonesia," ujarnya.

Untuk bisa menambah PAD, nantinya setiap pendaki akan dipungut retrebusi. Retrebusi yang dipungut tersebut nantinya akan bisa digunakan untuk pembangunan fasilitas dikawasan itu sendiri.

"Selian bisa digunakan untuk pembangunan fasilitas, retrebusi para pendaki juga akan kita alokasikan untuk asuransi para pendaki itu sendiri," katanya seraya mengatakan semoga rencana ini bisa disetujui pihak Provinsi sebagai pemilik lahan.(one)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "BERITA PAGARALAM 1"