Buy and Sell text links

Berita 3108.zie.dae

Inventarisir Pembuka Ladang
- Cegah Buka Ladang dengan Membakar

MUSIRAWAS, SRIPO - Bupati Musi‎rawas Hendra Gunawan menyatakan, membuka ladang dengan cara membakar selama ini sudah menjadi budaya ditengah masyarakat. Karena itu, pemerintah terus berupaya memberikan pemahaman kepada masyarakat, agar membuka lahan dengan cara selain membakar.
"Ya karena budaya, rakyat kita buka lahan dengan cara dibakar. Mudah-mudahan kedepan tidak lagi, dan juga cari solusi bagaimana tradisi buka lahan ini, bisa dilakukan dengan tanpa membakar," kata Hendra Gunawan.
Menurutnya, untuk mengubah tradisi ini, terus dilakukan pendekatan-pendekatan dan sosialisasi kepada masyarakat.‎ Bukan hanya pemerintah saja, tapi semua stake holder terlibat, untuk memberikan pengertian dan kesadaran kepada masyarakat. Menurutnya, saat ini, kesadaran masyarakat sudah mulai tumbuh, terlihat dengan terjadinya penurunan kebakaran lahan diwilayah Kabupaten Musirawas.
"Sampai orang buka ladang harus kita inventarisir, untuk mencegah membuka ladang dengan cara dibakar. Terhadap ini kita kasih pengertian, jangan. Tapi memang capek‎, terus pendekatan tiap saat, bupati, polres dan dandim berikan kesadaran masyarakat, kesadaran masyarakat sekarang sudah tumbuh‎‎," katanya.
Dikatakan, untuk ‎mengatasi persoalan kebakaran hutan dan lahan, memang berat. Namun dengan kebersamaan dan semangat gotong royong, mulai dari pusat sampai ke masyarakat, besatu menyelesaikan persoalan tersebut, maka dapat memberikan hasil yang maksimal.
"Alhamdulillah, titik api diwilayah kita tahun 2016 ini jauh turun dibandingkan tahun sebelumnya. Tahun 2015 lalu tercatat ada 648 spot, dan sampai 24 Juni 2016 tercatat 124 spot, artinya jauh menurun," katanya‎.
"Ini hasil kerja bersama-sama, kita lihat kebersamaan ini, dari Presiden, gubernur, kapolda, sampai ke jajaran bawah, kades dan masyarakat sama-sama mengatasi persoalan ini. Sosialisasi terus. Dengan gotong royong kita bisa, mudahan-mudahan kita doakan, negara kita mampu siapkan sarana dan prasarana yag dibutuhkan masyarakat. Tapi dengan semangat, dengan keterbatasan yang ada, insyaallah kita bisa," ujarnya. (zie)

Ket foto
Hendra Gunawan, Bupati Musirawas

Dikirim dari ponsel cerdas BlackBerry 10 saya dengan jaringan Telkomsel.




Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Berita 3108.zie.dae"