Buy and Sell text links

Tradisi Tahunan Wisata Air "Speed Boat" Sungai Ogan

Tradisi Tahunan Wisata Air "Speed Boat" Sungai Ogan

INDERALAYA--Meski pemerintah setempat menghimbau kepada masyarakat Inderalaya Kabupaten Ogan Ilir sekitarnya untuk tidak melakukan aktivitas wisata air mengarungi sungai kelekar dengan menaiki kendaraan air speed boat di bawah jembatan pasar Inderalaya Kabupaten OI. Karena, aktivitas tersebut, dapat membahayakan masyarakat dan bahkan menimbulkan korban jiwa. Namun, masyarakat setempat tetap saja menjalani liburan menaiki speedboat tersebut. Terpantau Jumat (8/7), ratusan warga Inderalaya, memadati tepian perairan sungai Kelekar, tepatnya di Jalintim Km 37 Inderalaya-Kayuagung. Mereka (warga, red) tengah menunggu antrian sewa speed boat untuk mengarungi perairan sungai ogan lebih kurang satu jam.

Dari Sungai kelekar ini, warga naik perahu motor atau Jukung dan Speedboat untuk wisata sungai menuju Muara Meranjat Indralaya Selatan.

Wisata sungai ini dilakukan warga setiap perayaan lebaran Idul Fitri. Pemilik speed boat memberikan tarif Rp 10,000 per orang untuk berlayar selama 30 menit mengarungi sungai dari Indralaya ke Indralaya Selatan.

Tentu saja, dengan adanya kegiatan tahunan itu, seolah memberikan rezeki bagi para sopir sekaligus pemilik kendaraan air "speed boat" yang bisa meraup keuntungan mencapai satu juta perhari selama 3 jam yakni dari pukul 14.00-17.00 terhitung sejak hari lebaran hingga saat ini.

Menurut Deni (37), warga setempat, mengatakan, kendati, telah banyak menimbulkan korban jiwa dikalangan muda mudi, khususnya mereka yang tidak bisa berenang. Namun, mereka terkesan tidak menghiraukan akan bahaya dan mereka pun tetap saja menikmati edisi liburan dengan mengarungi sungai kelekar yang dimulai sejak lebaran ketiga (hari ini, red).

"Tak jarang sampai menelan korban jiwa yang tenggelam di perairan sungai, usai mereka menikmati wisata air," ujarnya. Karena, lanjut Deni, sangat minim safety atau pengamanan yang dikenakan oleh mereka selama mengarungi sungai dengan menaiki speed boat. 

"Ketimbang, dapat membahayakan, mendingan saya tidak ingin mengajak anak-anak berwisata tradisi tahunan itu," ujarnya seraya menyebut apabila anak-anak ingin menikmati wisata itu, tentu saja harus didampingi para orang tua mereka dengan harapan untuk mencegah hal-hal yang dapat membahayakan seperti tenggelamnya speed boat.(cr7)

Teks photo : sejumlah anak-anak tengah menunggu antrian menikmati tradisi wisata tahunan mengarungi sungai kelekar menggunakan kendaraan air jenis speed boat, dari bawah jembatan pasar Inderalaya Ogan Ilir.






















Terkirim dari Samsung Mobile.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tradisi Tahunan Wisata Air "Speed Boat" Sungai Ogan"