Buy and Sell text links

Delapan Pos Siap Pantau Titik Api
//BPBD Muba Selesaikan 8 Posko Pemantau Api

SEKAYU, SRIPO—Dalam mengatasi kebakaran hutan dan lahan yang terjadi di Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) pada 2015 lalu,  maka dari itu Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Muba telah menyelesaikan delapan posko pemantau api. Delapan posko pemantau api tersebut terdapat di Kecamatan Bayung Lencir, Muba.

"Alhamdulillah 8 pos pemantau api telah selesai dibagun beberapa waktu lalu, pos pemantau api ini dibangun pada titik yang terpantau hotspot pada tahun lalu," kata Kabid Kedaruratan BPBD Muba, Fanfani Syafri ST, ketika dibincangi, Selasa (21/5).

Dikatakannya, 8  pos pemantau tersebut terdapat di Kecamatan Bayung Lencir karena wilayah Bayung Lencir memang tempat penyumbang titik api pada tahun kemarin. 8 posko pemantau tersebut terdapat di  Desa Kepahyang, Desa Pulai Gading, Desa Mendis, Desa Wonerejo, Dusun 7 mekar jaya Desa Muara Medak, Dusun 5 Muara Baru Desa Muara Medak, Dusun 3 Desa Muara Merang, Dusun Bakung Desa Muara Merang.

"Setelah selesainya dibangun posko tersebut dua bulan lalu, nantinya akan ditempati oleh tim terpadu dalam melakukan pantauan dan patroli mengenai daerah-daerah yang rawan terbakar. Tim terpadu tersebut rencananya akan ditempati BPBD, TNI, Polri, Manggala Agni dan Dishut," ungkapnya.

Setelah posko tersebut ditempati, pihak kita akan melakukan sosialiasi terhadap masyarakt mengenai bahaya api. Sosialiasi tersebut dimulai dari tingkat kecamatan, desa dan dusun-dusun yang masuk prioritas kita.  "Pihak kita akan melakukan sosialiasi terkait permasalahan kebakaran hutan dan lahan ini, kita akan mencegah sedini mungkin dengan mengajak masyarakat akan bahayanya membakar hutan," jelasnya.

Sementara itu, Kepala BPBD Muba, Drs Syafaruddin menambahkan posko pemantau yang telah selesai dibangun ini pembangunannya diambil dari APBD Muba 2016, dan seluruhnya selesai dibangun pada 30 Juni 2016.

"Pembangunan posko pemantau ini menggunakan dana APBD, dan selesai pada 30 Juni. Fungsi posko ini dalam melakukan pemantauan titik api, agar tidak terulangnya kembali bencana kebakaran hutan dan lahan seperti tahun lalu," ungkapnya. (cr13)

Foto diwarna : POS
SRIPO/CR13
Ket foto : Salah satu posko pemantau api BPBD Muba yang telah selesai dibangun untuk memantau titik api.
Dikirim melalui BlackBerry® dari 3 – Jaringan GSM-Mu

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to " "