Buy and Sell text links

17 Bupati-Walikota Hadir Terima KG Sumsel Award (sub)

17 Bupati-Walikota Hadir Terima KG Sumsel Award (sub)
Alex : Wujudkan Era Digital

PALEMBANG, SRIPO--Gubernur Sumsel H Alex Noerdin meminta agar seluruh kepala daerah di Sumsel untuk mewujudkan era digital di daerah yang dipimpinnya masing-masing. "Karena masa depan adalah era teknologi digital,"katanya dalam sambutan sebelum penyerahan penghargaan Kompas Gramedia Award di Hotel Aryaduta, Selasa (29/8) malam.
Malam itu hampir seluruh 17 bupati dan walikota se Sumsel hadir (hanya tiga bupati/wako yang diwakili) selain mengikuti presentasi Sumsel Digital Era dari Alex Noerdin dan Direktur Tribunnews.com Dahlan Dahi, juga menerima penghargaan KG Sumsel Award.
Untuk tahun ini KG Sumsel Award mengangkat tema Inspiration Leaders Award 2017 yang dikaitkan dengan dunia digital.
Gubernur Sumsel, Alex Noerdin, menilai era digital tak bisa dihentikan oleh masyarakat. Mau tak mau, di jaman sekarang, aktifitas kehidupan hampir semuanya berhubungan erat dengan kemajuan teknologi. Mulai dari semakin dibutuhkanya kendaraan transportasi online, kebutuhan akan hotspot internet, hingga berkaitan dengan keinginan mendapatkan informasi secepat mungkin tanpa mengurangi fakta.
"Bukan hanya melalui media, tapi juga lewat media sosial. Ini tak bisa kita lawan, namun bagaimana kita memanfaatkannya dengan positif supaya memudahkan kita menjalankan aktifitasnya," kata Alex.
Menurut Alex, masyarakat jaman sekarang harus bersikap kepo positif, yakni memiliki keingin tahuan yang tinggi terhadap perkembangan dunia digital. Bukan hanya generasi milenial, tetapi pula masyarakat dewasa termasuk pula kepala daerah wajib tanggap akan perkembangan teknologi.
Sumsel, lanjut Alex, diyakini sudah bisa dikatakan provinsi yang tanggap akan teknologi. Dibangunnya Light Rail Transit (LRT) yang menjadi pelopor provinsi lainnya dan Gelora Sports Jakabaring (GSJ) yang menjadi lokasi belasan venue olahraga berskala internasional menjadi beberapa deksripsi betapa siapnya Sumsel 'hidup' di era digital. LRT Sumsel dinilainya lebih maju ketimbang negara lain karena menyeberang sungai.
Bahkan, masih dikatakan Alex, beberapa teknologi ramah lingkungan di GSJ yang sudah dan masih dilaksanakan justru mendahului negara semaju Jepang. Proyek-proyek seperti Public Toilet berkapasitas internasional, solar cell, hydrogen bus, dan masih banyak lainnya baru akan dibangun Jepang di tahun 2020 saat menjadi tuan rumah olimpiade.
Mengenai KG Awards 2017, Alex berharap menjadi cambuk untuk semua kepala daerah supaya tidak kalah di jaman digital. Salah satu upaya yang bisa dilakukan adalah menyediakan jaringan internet gratis di masing-masing daerah sehingga masyarakatnya tidak ketinggalan informasi mengenai digital.
"Kegiatan seperti KG Awards ini bisa menjadi inspirasi supaya kita tidak ketinggalan di era digital. Usia boleh tua, tapi jangan sampai kagok teknologi," kata Alex.
Menyikapi launching majalah Travel Guide garapan KG Sumsel, Alex menilai akan sangat berguna untuk mengekploitasi informasi wisata di Sumsel. Sumsel memiliki banyak objek wisata yang apabila sering diekspos media bisa menarik wisatawan untuk datang. Bukan hanya sekedar Jembatan Ampera dan Benteng Kuto Besak di Palembang, namun semua daerah di Sumsel memiliki objek wisata dengan ciri dan kelebihan masing-masing.
Kami tak tahu
KG Award, dikatakan Hadi Prayogo selaku Kepala Newsroom KG Sumsel, merupakan penghargaan untuk kepala daerah yang dinilai sudah membuat program memajukan daerah masing-masing. Rupanya, oleh beberapa kepala daerah, adanya penilaian untuk program kerja tersebut belum mereka ketahui.
Seperti yang dikatakan oleh Walikota Pagaralam, Ida Fitriati Bastumi, sebelum diundang datang ke acara ini dirinya hanya menjalankan aktifitas selayaknya seorang walikota pada umumnya. Tidak ada program yang dibuat khusus untuk kegiatan ini, semua program yang dilakukan merupakan program kerja yang sudah tercanangkan.
"Begitu diberi tahi bahwa kinerja kita dinilai media cetak, tentu sangat terkejut. Sejauh ini kita bekerja sesuai dengan nawaitu untuk mensejahterakan masyarakat Pagaralam," kata cewek yang mendapat penghargaan The Most Religious Woman Leader ini.
Bupati PALI, Heri Amalindo, juga mengaku tidak mengetahui adanya penghargaan berkaitan dengan program kerja yang dibuat. Disampaikan melalui Sekda PALI, Robi Kurniawan, penghargaan bernamakan Construction of Public Infrastructures ini akan dijadikan sebagai motivasi untuk daerah menciptakan karya dan program untuk rakyat. Tentunya juga membangkitakan kekhasan daerah sehingga bisa dijual untuk Sumsel.
Hal yang sama dikatakan Bupati Empat Lawang, Syahril Hanafiah. Disampaikan melalui Sekdanya, Edison Jaya, pria yang didapuk mendapat penghargaan Development of Young Generation International Quality) penghargaan ini bagi daerah akan memotivasi dalam rangka memajukan potensi masing-masing.(bew/fly)

foto kak jack


Dikirim dari iPad saya

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "17 Bupati-Walikota Hadir Terima KG Sumsel Award (sub)"