Buy and Sell text links

Headshot Dubes Jepang Masafumi Ishi

Headshot Dubes Jepang Masafumi Ishi

Persahabatan Jepang-Palembang Erat (sub)
Dubes Dukung Jadi Jalur Wisata

DUTA Besar Jepang Masafumi Ishi memprediksi Palembang akan jadi kota yang hebat dan menyamai kota-kota besar di dunia. Hal ini karena pembangunan yang pesat dan didukung dengan potensi wilayah di sekitarnya.
Ishi mengungkapkan hal itu ke Graha Tribun untuk bertemu dangan Forum Komunikasi Kompas Gramedia Sumsel, awal bulan ini.
Ishi juga menyebut banyak peninggalan bangsa Jepang pada saat Perang Dunia ke II di Palembang, masih terawat menandakan hubungan yang baik duabelah pihak.
Misalnya Jembatan Ampera yang dibangun Jepang sebagai tanda persahabatan, termasuk keberadaan Goa atau bunker Jepang yang masih puluhan jumlahnya. bahkan dia juga sempat ziarah ke makam tentara Jepang korban PD II di Palembang.
Ishi disambut langsung Ketua KG Sumsel Hadi Prayogo, dan pimpinan unit antara lain Wenny Ramdiastuti-Ririen Kusumawardani (Sriwijaya Post-Tribun Sumsel), Diana Hadiwinoto (Gramedia), Sarmad (Hotel Santika) serta Sekretaris Redaksi Sripo H Salman Rasyidin, mewakili 11 unit usaha KG yang ada di Sumsel.
Dubes Jepang juga setuju jika ada wisatawan Jepang ke Palembang untuk napak tilas sejarah, termasuk menyusuri bunker Jepang. "Meskipun pemerintah tidak campur urusan swasta, namun saya sangat senang jika, wisatawan Jepang datang ke Palembang untuk melihat sejarah bangsa Jepang di Palembang," katanya.
Dubes Jepang Masafumi Ishi yang didampingi istrinya Sayoko Ishi, Katsunobu Yasue (konselor) dan Masamu Yamamori (sekretaris Dubes) tertarik untuk menjalin kerja sama dengan Palembang. "Palembang akan menjadi kota yang hebat, dan momentum Asian Games 2018 harus bisa menjadi sarana promosi Palembang ke dunia luar," katanya.
Tujuan Ishi yang dua hari berada di Palembang adalah menghadiri undangan ulang tahun Pondok Pesantren Al Ittifakiah ke 50 tahun ponpes di Indralaya.
"Saya terkesan, anak-anak (santri, Red) sangat bersemangat. Saya yakin Palembang akan menjadi tempat yang hebat," ucap Ishi yang bersama istrinya mengenakan kemeja dari bahan kain jumputan dan songket.
Dalam kesempatan itu Ishi sempat bertanya tentang perkembangan politik nasional hinggal lokal, serta isu agama yang saat ini berkembang luas. Juga situasi Sumsel yang saat ini sedang menyongsong Asian Games 2018 dan Pilkada Gubernur Sumsel.
Hadi Prayogo pun menjelaskan secukupnya dan membuat Ishi manggut-manggut tanda memahami. Ishi pun berpesan agar Sumsel dijaga siapapun pemimpin barunya kelak. "Ini hanya tanya jawab ringan off the record ya," kata Ishi dengan ramah
Masafumi Ishi juga dibuat kagum dengan penjelasan Weni yang mengatakan jika ada satu tempat di Palembang juga nama tempat diambil dari bahasa Jepang. Yakni Sekanak. Menurut Weni, dulu nama Sekana diambil dari seorang pejabat Jepang bernama Mr Sakana yang lama berdiam di Palembang. "Benarkah, apakah itu tempat pariwisata," ujar Masafumi yang dijawab Sekanak bukan tempat wisata tapi sekadar sebuah kawasan. (sin)






Dikirim dari iPad saya

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Headshot Dubes Jepang Masafumi Ishi"