Buy and Sell text links

Tambang Rakyat Terbakar
MUARAENIM, SRIPO---Diduga akibat fenomena alam, sebuah tambang illegal milik rakyat terbakar. Meski tidak ada korban jiwa, namun cukup mengkhawatirkan masyarakat setempat karena api sangat sulit dipadamkan di Desa Tanjung Lalang, Kecamatan Tanjung Agung, Kabupaten Muaraenim, Kamis (30/3).
Dari informasi yang berhasil dihimpun di lapangan, bahwa kebakaran tambang aktif namun illegal milik rakyat tersebut sebanyak tiga lobang dan sudah berlangsung sekitar sepekan yang lalu. Dan awalnya hanya mengeluarkan kepulan asap, namun puncaknya sekitar pukul 23.00 (Rabu, red), salah satu lobang mengeluarkan kobaran api. Melihat hal tersebut, warga sekitar ketakutan api akan merambat dan memberitahukan kejadian tersebut ke Polsek Tanjung Agung dan tim Pemadam Kebakaran. Lalu tim kebakaran menuju ke tempat lokasi kebakaran namun sayang kendaraan tidak bisa masuk ke lokasi kebakaran karena medan yang dilewati terlalu sulit sehingga terpaksa menunggu alat berat dari pihak PTBA untuk membuat jalan masuk dan ikut memadamkan api tersebut.
Menurut anggota DPRD Kabupaten Muaraenim Faizal Anwar, bahwa pihaknya sangat prihatin dengan kejadian kebakaran tambang ilegal ini, dan ini merupakan yang kesekian kalinya. Hal ini, bisa menjadi peringatan bagi pihak terkait agar dapat menertibkan tambang-tambang yang illegal ataupun tidak memenuhi dan menaati prosedural penambangan yang telah tepat dan ramah lingkungan. Untuk itu, pihaknya meminta kepada instansi terkait untuk dapat mengambil sikap tegas atas tambang-tambang ilegal dan tambang yang tidak memenuhi standar penambangan yang benar, sebab bisa merusak lingkungan dan membahayakan masyarakat sekitar tambang illegal.
Sedangkan menurut Wakil Bupati Muaraenim H Nurul Aman, atas kejadian ini, pihaknya akan berkoordinasi dengan Dinas Pertambangan Propinsi Sumsel, sebab meski secara administrasi wilayah di Kabupaten Muaraenim, namun semua proses perizinan, kewenangan dan lain-lain itu dipegang oleh Propinsi Sumsel.
Sementara itu Kapolres Muaraenim AKBP Leo Andi Gunawan, bahwa pihaknya akan secepatnya melakukan koordinasi dengan pihak-pihak terkait dalam penanganan masalah tambang illegal ini. Untuk saat ini, pihaknya akan melakukan pengamanan dilokasi kejadian dan mengupayakan secepatnya melakukan pemadaman bersama pihak terkait untuk mencegah terjadinya korban jiwa.
"Benar memang ada kejadian tersebut, dan sampai saat ini, para petugas sedang berupaya memadamkan api tersebut," ujarnya.(ari)
CAPTION FOTO :
Kebakaran Tambang Liar 1,2,3,4,5 : Tampak Wabup Muaraenim Nurul Aman bersama pejabat muspida dan muspika Kabupaten Muaraenim meninjau lokasi kebakaran tambang liar di Desa Tanjung Lalang, Kecamatan Tanjung Agung, Kabupaten Muaraenim, Kamis (30/3).
Terkirim dari Samsung Mobile

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to " "