Buy and Sell text links

Investor Perlu Perhatikan Risiko

Investor Perlu Perhatikan Risiko

PALEMBANG, SRIPO -- Dalam berinvestasi di pasar modal, selain memperhatikan sisi keuntungan, para pemain harus tetap memperhatikan faktor risiko. Pasalnya, setiap investasi  tentu akan ada potensi resiko kerugian yang bisa saja terjadi.

Hal tersebut diungkapkan, Branch Manager PT UOB Kay Hian Securitas Cabang Palembang Elizabeth Chandra beberapa waktu lalu. "Untuk mengurangi faktor resiko, investor baik itu yang sudah pangalaman atau yang baru jangan sekali-kali menempatkan dana hanya disatu saham. Pilihlah beberapa perusahaan yang kompeten untuk dibeli. Namun jangan juga terlalu banyak," ujarnya.

Faktor risiko atau rugi merupakan hal yang lumrah terjadi dipasar modal, namun yang perlu menjadi catatan  investor terlebih bagi investor pemula, ketika terjadi lost jangan cepat berputus asa. Pasalnya, salah satu penyebab kerugian ketika bermain saham juga terjadi karena faktor eksternal.

Elizabeth menjelaskan, mayoritas nasabah mengalami rugi karena salah melakukan treding dan pemilihan saham perusahaan. Ia mencontohkan, ketika tahun 2008 ada salah satu investor UOB Kay Hian Securitas Cabang Palembang yang mengalami kerugian cukup besar akibat kondisi ekonomi. Investor ini sempat stop beberapa tahun, baru tahun 2012 si investor kembali berani bermain saham.

"Nah, hanya dalam waktu tiga tahun akhirnya nasabah tersebit bisa mengembalikan kerugian yang dia dapat tahun 2008 lalu, bahkan mendapatkan utung yang besar. Kuncinya harus tetap semangat dan cepat patah arang," ungkapnya.

Menurutnya, memiliki banyak saham yang tersebar di beberapa perusahaan, misalnya saja di 10 perusahaan akan membuat si investor kesulitan untuk menganalisanya. Terlebih jika  menggunakan data di PC, hanya bisa menampilkan empat emiten yang berbeda disatu monitor. Faktor inilah yang justru memancing terjadinya risiko.

"Idealnya hanya memiliki empat saham di emiten yang berbeda. Jadi, ketika satu emiten yang kita beli sahamnya terjadi lost sehingga menyebabkan kerugiakn. Kita masih memiliki tiga saham lainnya yang bisa menutupi kerugian kita," ujarnya.

Tak hanya itu, investor juga harus rutin menjalin komunikasi dengan pialang efeknya. (Cr26)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Investor Perlu Perhatikan Risiko"