Buy and Sell text links

Berita OKI


Alokasi Dana Desa Tak Tepat Sasaran
* Bupati Warning Camat dan Desa
KAYUAGUNG, SRIPO -- Bupati Ogan Komering Ilir (OKI) H Iskandar SE mewarning seluruh Kepala Desa (Kades) dan camat karena pengalokasian anggaran dana desa (ADD) dan dana desa (DD) diduga tidak tepat sasaran, Kamis (19/1).
Peringatan itu disampaikan bupati di hadapan seluruh camat di OKI saat penyerahan dokumen penggunaan anggaran (DPA) kepada 18 camat dan seluruh kepala SKPD di jajaran Pemerintah Kabupaten (Pemkab) OKI di ruang bende seguguk I.
"Camat tolong instruksikan seluruh kadesnya untuk menggunakan ADD dan DD sesuai peruntukan. Karena saya melihat banyak laporan pertanggungjawaban kades, pengalokasian ADD dan DD tidak memprioritaskan pembangunan infrastruktur fisik di desa," Iskandar.
Iskandar menambahkan, ADD dan DD justru digunakan kades untuk membeli ternak sapi dan pos hansip. Ini jelas tidak sesuai arahan dan makna dana itu. Seluruh camat harus mengarahkan kades dan BPMPD OKI harus teliti. "Kades jangan lagi membeli hewan ternak menggunakan anggaran desa," tegas Iskandar.
Sambung Iskandar, sesuai peraturan ADD dari APBD OKI dan DD dari APBN harus digunakan untuk mengembangkan perekonomian rakyat seperti pembangunan infrastruktur sehingga manfaatnya dirasakan seluruh masyarakat dan desa akan berkembang bahkan maju. "Bila dibelikan sapi, siapa yang akan mengurusinya?," ucap Iskandar.
Iskandar mengungkapkan, semua stakeholder harus bahu membahu dalam memajukan OKI dari desa. "Saya tahu kelebihan dan kelemahan setiap desa di OKI. Apabila untuk kepentingan rakyat saya bersedia pasang badan," tegasnya.
Sementara itu, Kepala Kejari OKI Viva Hari Rustaman SH MH sebelumnya mengatakan,  perangkat desa diharapkan agar tidak takut dalam menggunakan ADD dan DD. "Selain penindakan, kami juga mempunyai  bidang Datun yang menangani bagian perdata dan urusan negara," jelasnya.
Bagian Datun terangnya, mempunyai lima fungsi yaitu bantuan hukum, pertimbangan hukum, penegakan hukum, pelayanan hukum dan pendampingan hukum.(mbd)

SRIPO/MAT BODOK
SERIUS -- Kaban Pengelolaan keuangan dan aset daerah H Daud SE MSi serius mendengarkan pengarahan Bupati OKI H Iskandar SE saat penyerahan dokumen penggunaan anggaran (DPA) ke SKPD dan camat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Berita OKI"