Buy and Sell text links

Anggaran Minim, Makanan Kadaluarsa Beredar Bebas

SEKAYU, SRIPO--Nampaknya peredaran makanan dan minuman kadaluars di Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) kurang perhatian, buktinya masih banyak makanan kadaluarsa yang beredar luas diwilayah pedesaan. Namun, pihak Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Muba tidak bisa berbuat banyak karena terbatasnya anggaran.

"Seharusnya makanan dan minuman yang beredar kelayakanya diperhatikan lagi. Buktinya saya pernah membeli makanan diwarung, disana tertulis tanggal kadaluarsanya tahun 2015 bulan Desember," kata Safri, warga Keluang, Selasa (2/8).

Diungkapkanya, bahwa kejadian ditemukannya makanan kadaluarsa bukan yang pertama kali saja, bahkan warga sekitar tempatnya tinggal pernah mengalami hal serupa. Oleh karena itu pemerintah harus lebih jelih dalam melakukan pengawasan makanan yang sudah tidak layak dikonsumsi.

"Makanan kadaluarsa biasanya dipasarkan pada desa-desa yang mempunyai warung-warung kecil, sedangkan warung besar yang berada di kota pihak distributor langsung yang mengisi. Kami berharap pemerintah dapat melihat jeli permasalahan ini, agar tidak terjadinya keracunan oleh makanan kadaluarsa," jelasnya.

Menanggapi hal tersebut, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Muba, Zainal Arifin melalui Kasi Pendaftaran Perusahaan, Markonah, mengatakan memang peredaran makanan dan minuman masih banyak ditemukan. Bahkan, pihaknya mendapatkan laporan adanya peredaran makanan dan minuman kadaluarsa diwilayah Bayung Lencir, dan pihak kita langsung mengecek kesana.

"Kita akui bahwa saat ini masih banyak ditemukan makanan kadaluarsa di Muba, tetapi saat ini kondisinya kita terkendala anggaran. Jadi kalau ada laporan seperti di Keluang, pasti membutuhkan biaya untuk meninjau kelokasi," ungkapnya.

Kendati begitu, pihaknya tetap menerima laporan maupun keluhan masyarakat jika menemukan makanan kadaluarsa. Karen, pihaknya melakukan pengawasan pertriwulan, karena anggaran terbatas sehingga jarang. "Dulu pengawasan sering dilakukan karena anggaran masih mencukupi, tapi sekarang ini hanya persemester dan itupun tidak semua wilayah di Muba," jelasnya. (cr13)
Dikirim melalui BlackBerry® dari 3 – Jaringan GSM-Mu

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to " "