Buy and Sell text links

Kompak Warga Tebangi Ranting Pohon

Kompak Warga Tebangi Ranting Pohon
//Pemberaihan Jaringan PT MEP di Kecamatan Bayung Lencir

SEKAYU, SRIPO --Tak ingin terjadinya gangguan arus listrik ke depannya, warga Desa Mendis Kecamatan Bayung Lencir kabupaten Muba melakukan gerakan bersih-bersih, Senin (10/8/2020). Sebelumnya gerakan ini dikomandoi langsung oleh Bupati Muba pada Jumat (7/8) yang turun langsung dalam giat bersih-bersih di sekitar area jaringan listrik PT MEP di Kecamatan Plakat Tinggi.

Pantauan di lapangan, puluhan warga dengan membawa peralatan seadanya memotong dedaunan dan ranting yang berpotensi menjadi pengganggu kelancaran distribusi arus listrik ke rumah-rumah warga.

Salah satu warga, Yaya Sanjaya (70) mengatakan, ada sebuah kerisauan warga Mendis jika jaringan listrik kerumah mereka terganggu. Karena menurut warga, salah satu penyebab listrik padam adalah seringnya dedaunan dan ranting pohon yang menyentuh jaringan listrik.

"Karena pohon-pohon, dedaunan bahkan ranting ini bisa membuat lampu (listrik) kami sering mati kalau tidak dibersihkan. Jika kembali mengingat awalnya ada listrik ke desa kami ini, kami sangat bahagia karena bisa menikmati listrik dengan biaya lebih murah ketimbang menggunakan mesin genset, jadi kami juga merasa terpanggil untuk merawat hidupnya listrik dari MEP ini," ungkapnya yang mengaku pohon miliknya juga ditebang.

Pria yang sehari-hari dipanggil Mbah Yaya ini menambahkan, saat MEP masuk ke Mendis ini memang milik MEP, tapi fasilitas ini merupakan tanggung jawab masyarakat Mendis semua maka itu kalau bersihkan listrik aman. 

"Pokoknya masyarakat Mendis harus bertanggung jawab atas kualitas listrik MEP ini," ujarnya.

Sementara, Camat Bayung Lencir, Muhammad Imron yang turut berpartisipasi membersihkan jaringan listrik PT MEP, mengatakan bahwa pihaknya akan terus bersama warga secara rutin membersihkan jaringan MEP ini. 

"Kita bersama warga akan mencoba secara rutin membersihkan penggangu kelancaran distribusi listrik MEP ini," ujarnya.

Ia pun mengungkapkan apresiasinya terhadap warga mendis yang peduli terhadap fasilitas jaringan listrik ini. 

"Apa yang dilakukan warga mendis ini memang luar biasa, juga bisa menjadi pelopor warga Desa lainnya dalam menjaga fasilitas publik yang ada di Desa demi kepentingan bersama," ungkapnya. (dho)

Ket foto : Kompak sejumlah masyarakat bersama unsur kecamatan melakukan pembersihan jaringan di Desa Mendis Kecamatan Bayung Lencir.

Jadikan gambar sebaris

Jadikan gambar sebaris




Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Kompak Warga Tebangi Ranting Pohon"