Buy and Sell text links

Jemur Bonsai Muara Enim Serasa  Berkelas Nasional
* Ganef Asmara NL Terpilih Menjadi Ketua PPBI Cabang Muara Enim
SRIPOKU.COM, MUARA ENIM,---
Tancap gas, mungkin yang tepat dilakukan oleh pengurus Perhimpunan Penggemar Bonsai Indonesia (PPBI) Cabang Muara Enim. Pasalnya, usai dibentuk langsung menggelar kegiatan Jemur Bonsai dengan peserta mencapai ratusan di Halaman GOR Pancasila Muara Enim, Minggu (9/8/2020).
Kegiatan tersebut dibuka oleh Plt Bupati Muara Enim yang diwakili oleh Sekda Muara Enim Ir H Hasanudin MSi didampingi Ketua PPBI Cabang Muara Enim Ganef Asmara NL dan pengurus serta ratusan peserta Jemur Bonsai.
Sedangkan juri berasal dari PPBI Palembang Barin, Andi Viktorian, dan Maulana.
"Pesertanya diluar dugaan, ternyata di Muara Enim sangat banyak sekali sehingga serasa menjadi juri event nasional," kata Barin salah satu jurinya.
Menurut Barin, ajang seperti ini sangat bagus sekali sebab bisa menjalin silaturahmi terutama antar sesama penghobi Bonsai seperti berbagi informasi, pengalaman dan sebagainya. Dan Kabupaten Muara Enim, meski pengurusnya baru terbentuk, sudah berani menggelar event Jemur Bonsai yang pelaksanaannya cukup baik sekali.
Masih dikatakan Birin, cukup banyak dalam penilaian Bonsai ini, 
kita memiliki rumus tersendiri. Mulai dari komposisi seperti kematangan Pohon, Gerak Dasar, Kebersihan, Kesehatan, keserasian, tema dan lain-lain. Untuk pohon yang di Bonsai juga bermacam-macam yakni jenis Ficus seperti Beringin, Kimeng, Dolar, Waru, Asoka dan sebagainya.
Sedangkan kelas yang dilombakan
yakni Mame, Smal, Medium, Large, Extra Large, Prospek Kecil dan Prospek Besar. Bagi yang menang tentu akan kita berikan sertifikat.
"Secara umum kualitasnya sudah cukup lumayan, bahkan beberapa Bonsai sudah bisa menjajal ditingkat nasional," jelasnya.
Ketua PPBI Cabang Muara Enim Ganef Asmara NL, bahwa pihaknya setelah terbentuknya kepengurusan ini, akan bisa menjadi wadah silaturahmi dalam menyalurkan hobi. Selain itu, kedepan akan menggelar event lomba Bonsai baik regional maupun nasional, sebab salah satu syarat untuk menggelar lomba Bonsai adalah harus ada kepengurusan PPBI di daerah tersebut.
"Insyaallah tahun depan, kita akan menggelar lomba Bonsai minimal tingkat regional dahulu untuk mendukung Tanjung Enim sebagai kota wisata, setelah sukses baru ke tingkat nasional," pungkas mantan anggota DPRD Muara Enim ini.
Dilihat dari partisipasi peserta, sambung Ganef, ternyata cukup membeludak sehingga terpaksa dibatasi. Untuk kelas 
Mame 10, Smal 18, Medium 41, Large 27, Extra Large 10, Prospek Kecil 17, dan Prospek Besar 26, sehingga total keseluruhan sebanyak 148 peserta.
Sementara itu, Sekda Muara Enim Ir H Hasanudin MSi, pihaknya sangat mengapresiasi dan mendukung dengan terbentuknya PPBI sebagai wadah para pencinta Bonsai sehingga bisa disalurkan. Mudah-mudahan kedepan dengan terbentuknya PPBI Cabang Muara Enim bisa menggelar event yang lebih besar lagi.
"Saya ucapakan selamat kepada Ganef yang terpilih secara aklamsi pada Muscab I dan Jemur Bonsai Perhimpunan Penggemar Bonsai Indonesia (PPBI) Cabang Muara Enim," tutup Hasanudin.(ari)
CAPTION FOTO :
Jemur Bonsai : Ratusan Bonsai mengikuti lomba Jemur Bonsai yang digelar oleh PPBI Cabang Muara Enim.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to " "