Buy and Sell text links

Berita Banyuasin

Desa Wisata Penghilang Penat
BANYUASIN, SRIPO -- Dinas Pariwisata dan Olahraga Kabupaten Banyuasin, akan menjadikan desa sebagai tempat berwisata keluarga. Taman halaman rumah akan disulap sebagai penyejuk penat saat pulang kerja.

"Berwisata tak perlu jauh - jauh asalkan lokasi yang dikunjungi sesuai dengan keinginan dan cocok di hati. Desa - desa di Banyuasin, berpotensi di sulap  sebagai tempat wisata. Asalkan pemerintah desa memahami lingkungan sendiri," kata Merki Bakri Kadis Pariwisata dan Olahraga (Disporapar) Kabupaten Banyuasin, banyak kecamatan berpotensi wisata.

Untuk itu, ungkap Merki, pihak akan mendata wilayah kecamatan yang desanya memiliki potensi pariwisatanya. Minimal masyarakat Banyuasin, tidak perlu merogoh kocek terlalu banyak, kalau berwisata bisa tempat sendiri dan menyenangkan.

Tentunya, desa yang berpotensi wisata akan didukung oleh pemerintah terkait pengembangan lokasinya agar menjadi sasaran masyarakat untuk ber pariwisata. Perkarangan rumah akan disulap menjadi lokasi wisata.

"Pemerintah akan mengucurkan bantuan dana bagi desa yang akan mengembangkan lokasi wisata," tutur Merki, Selasa (4/8/2020) yang mengajak pihak desa agar bisa memanfaatkan anggarkan desa untuk perkembangan dan kemajuan desa.

Disebutkan Merki, ada beberapa kecamatan di Banyuasin, yang berpotensi tempat wisatanya yakni, Kecamatan Banyuasin II, ada 5 Desa yang akan dikembangkan menjadi Desa wisata yaitu, Desa Marga Sungsang, Sungsang I, Sungsang Ii, Sungsang III dan Sungsang IV. 

"Daya tarik yang dilihat dari desa-desa tersebut diantaranya ada makanan khas, Spot Sunset, Spot Photo, Wisata hewan, Kampung Nelayan dan Taman Nasional Sembilang dan lainnya," katanya. 

Juga Kecamatan Sembawa ada Desa Lalang Sembawa dengan daya tariknya antara lain Spot Sunset, Edukasi peternakan Unggas, Sapi dan Kambing dan beberapa makanan khas. 

Kecamatan Sumber Marga Telang ada Desa Sumber Mulya dengan daya tariknya Jajanan Pasar, Kebun Bunga, kebun Buah, objek Swafoto. Selain itu, Kecamatan Muara Padang ada Desa Air Gading diantaranya Objek Wisata, Pusat Pelatihan Gajah, Edukasi Kopi. 

Untuk daftar nama Destinasi Wisata, Lanjut Merki, di Kecamatan Banyuasin III diantaranya ada Tugu Front Lankan, Alun-Alun Kota Pangkalan Balai, Tugu Hutan Larangan, Rumah Adat Pangkalan Balai, Tugu Adipura, Boom Berlian dan Masjid Al Amir. 

Untuk Kecamatan Muara Telang ada Negeri Cindo Upang, Kecamatan Rambutan ada Kerbau Rawa (Buffalo), di Kecamatan Sembawa ada Danau Alkautsar, Danau Balong, Kecamatan Talang Kelapa ada Rumah Lele Athallah, Gasing dan Danau Tanah Mas. 

Di Kecamatan Tungkai Ilir ada Embung Kali di Desa Teluk Tanggulang dan ada 10 Kecamatan lain yang memiliki potensi pariwisata seperti wisata budaya, wisata religi dan wisata buatan lainnya. 

"Selama ini ada tempat tapi belum diresmikan jadi dilakukan upaya Percepatan dan pendataan tempat wisata yaitu Desa Wisata, Destinasi Wisata dan Potensi Wisata,"ujarnya. 

Ditegaskan Merki, pihaknya saat ini sedang mengusulkan desa mana saja yang sudah siap untuk menjadi desa pariwisata dan nantinya akan di undang secara resmi untuk launching jika peraturannya sudah siap. 

"Kita sedang mengupayakan Peraturan Daerah (Perda) tentang pariwisata termasuk juga tentang kepemudaan dan ekonomi kreatif. Tinggal pembahasan DPRD, kalau ada Perda kita bisa jemput Anggaran Pusat tidak hanya menunggu APBD," tandasnya. (mbd)

SRIPO/MAT BODOK
Kadis Pariwisata dan Olahraga Banyuasin Merki Bakri dan awak Media

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Berita Banyuasin"