Buy and Sell text links

Berita Banyuasin 3

LHP BPK Baru Muncul ke Publik
* Rini: Membenarkan Adanya Temuan BPK RI
*Kerugian Negara Rp 570 juta Sudah Dikembalikan
BANYUASIN, SRIPO - Terkait Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) oleh Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI berkaitan kerugian negara di Dinas Kesehatan Kabupaten Banyuasin sebesar Rp 570 juta dan kini baru muncul ke publik. Lantaran diduga persoalan tersebut belum terselesaikan.

Ketua DPRD Banyuasin Irian Setiawan SH mengatakan, untuk pemeriksaan keuangan Belanja Pegawai, Barang dan Jasa di lingkungan Pemkab Banyuasin, rutin setiap tahun dilakukan oleh BPK RI.

Sejauh ini pihaknya belum mengetahui ada temuan LHP BPK yang dipegangnya. Jika ada temuan kerugian negara berdasarkan LHP BPK, biasanya langsung ditindaklanjuti pada tahun itu juga.

"Jadi, temuan BPK ini diberikan tenggang waktu penyelesaian selama 60 hari. Sedangkan LHP itu tahun 2019 awal dan muncul lagi ditahun 2020 artinya masalahnya sudah lama selesai," kata Irian Setiawan saat di jumpai wartawan.

Terpisah, Kepala Dinas Kesehatan Banyuasin DR dr Rini Pratiwi MKes, Senin (20/7/2020) membenarkan, adanya pemeriksaan yang dilakukan oleh pihak BPK terhadap mantan Bendahara Kesehatan yang kini sudah pensiun. Namun saat itu, pihaknya belum menerima laporan hasil dari pemeriksaan tersebut.

Mengenai kerugian negara yang pasti, pihak terkait sudah menyelesaikannya, dan dikembalikan ke Kas Daerah ditahun 2019 secara bertahap. Bahkan setelah dikembalikan laporan kerugian telah diperiksa oleh Inspektorat Kabupaten Banyuasin dan BPK yang menyatakan sudah tidak ada masalah lagi. 

"Kenapa muncul lagi ke publik berkaitan LHP BPK ini bisa jadi untuk sebatas administrasi dan pemberitahuan," ungkapnya tentunya persoalan ini pihak terkait sudah bertanggungjawab dan sudah di selesaikan dengan baik.

Kalau temuan BPK ini tidak cepat diselesaikan oleh yang bersangkutan, jelas Rini tidak mungkin Kabupaten Banyuasin meraih penghargaan WTP ke -9 secara berturut - turut. 

"Jadi, tidak mungkin ada kerugian negara lagi semua yang berkaitan dengan laporan keuangan sudah baik," tandas. (mbd)

SRIPO/MAT BODOK
Ketua DPRD Banyuasin Irian Setiawan SH

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Berita Banyuasin 3"