Buy and Sell text links

Serap Aspirasi Setiap Jumat Melalui Program Dume



Serap Aspirasi Melalui Program Dume
//Dilaksanakan Setiap Jumat

SEKAYU, SRIPO -- Pemerintah Kabupaten Muba melalui Pemerintah Kecamatan membuat program baru guna menyerap masukan atau aspirasi warga di Kecamatan Jirak Jaya.  Program yang diberi nama Duduk Besame (Dume) ini dilaksanakan setiap hari Jumat. 

Camat Jirak Jaya Yudi Suhendra SE MSi mengatakan, gerakan Dume atau Duduk Besame merupakan gerakan silaturahmi dan pendekatan tiap-tiap unsur yang ada di lapisan masyarakat dan mulai dilaksanakan tiap hari Jumat dimulai 17 Juli 2020. 

"Gerakan Dume ini melibatkan semua unsur masyarakat mulai dari tokoh agama, tokoh pemuda hingga tokoh masyarakat. Semacam diskusi, dan pemetaan apa yang akan dilakukan ke depan dengan realisasi nyata," ujarnya.

Lanjutnya, gerakan Dume juga menerapkan 3 M yakni Menyapa, Monitoring, dan Mengunjungi. Menyapa langsung Warga masyarakat berdialog untuk mendengar dan menyerap suara masyarakat secara langsung.

"Lalu, Monitoring pelaksanaan pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan di tingkat desa. Sedangkan mengunjungi sekaligus menginventarisir Usaha Ekonomi Masyarakat sebagai penghasilan alternatif mereka untuk memenuhi kebutuhan hidup untuk selanjutnya diadakan pembinaan dan dilanjutkan ke dinas teknis," jelasnya.

Sementara itu, Bupati Muba Dodi Reza mengatakan, melalui program Dume juga sebagai program memonitoring program ketahanan pangan di Muba dan pelaksanaan UMKM di Muba. 

"Banyak yang bisa didapat dengan Prigram Dume lewat diskusi bersama semua unsur. Budaya inilah yang harus kita gencarkan dan pertahankan agar Muba Maju Berjaya di tahun 2022 dapat terlaksana dengan hasil  maksimal,dan sesuai dengan harapan rakyat Muba," harapnya.

Dodi menambahkan, gerakan Dume sebagai bentuk sumbangsih warga agar pelayanan serta pembangunan di Muba dapat berjalan sebagaimana mestinya.

"Saya minta agar semua Kades dan Camat benar-benar monitor dan serta merangkum semua masukkan warga melalui gerakan berdialog dgn warganya serta memberi solusi seperti program Dume ini di wilayah masing-masing," terangnya. (dho)

Ket foto : Camat Jirak Jaya Yudi Suhendra SE MSi ketika menyapa salah satu petani di Kecamatan Jirak Jaya.Jadikan gambar sebaris



Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Serap Aspirasi Setiap Jumat Melalui Program Dume"