Konten Promo Era Digital-----sub
Semakin Serius Semakin Ditinggal
PALEMBANG, SRIPO --- "Semakin serius maka semakin ditinggal audience atau warga masyarakat. Mungkin inilah kondisi dalam pemberitaan saat ini, karena itu kita harus punya strateginya," ujar Dahlan Dahi, Director Of Tribunnews and Grid.Id, dalam seminar di Hotel Amaris Palembang, Senin (17/5).
Seminar dan diskusi dengan tema Smart PR In Digital Era, Bang Dahlan sapaan akrabnya, berbagi kiat dan tips khusus kepada peserta yang merupakan public relation (PR) dan humas instansi pemerintahan di wilayah Sumsel.
Terutama dalam menghadapi era digital, Dahlan mengatakan, tidak semua konten berita bisa menarik perhatian pembacanya. Sehingga dalam penulisan berita, perlu ada trik dan strategi khusus dalam era digital.
"Perlu diketahui, strategi di mobile dan dekstop itu berbeda. Terutama saat dilakukan share di medsos (media sosial), karena medsos itu terkoneksi ke seluruh dunia. Jadi dalam penulisan konten beritanya harus tepat dan bisa diterima," ujar Dahlan.
Salah satu trik dalam penulisan konten berita yang diberikan Dahlan, yakni konten berita atau press rilisnya harus mudah dipahami pembacanya. Pria asal Makasar ini memberikan "ayat-ayat" atau kiat menuliskan press rilis kepada peserta, sehingga kontennya lebih menarik.
"Pertama itu cukup menuliskan satu kalimat untuk satu paragraf untuk penulisan di website. Karena pada era digital saat ini, pembaca tidak suka yang begitu panjang kalimatnya. Terutama untuk press rilis dari perusahaan dan instansi pemerintahan," ujarnya.
Dahlan juga memberikan kiat kepada peserta dalam pengelolaan website yang terkoneksi ke medsos. Terutama bagaimana cara yang efektif berbagi informasi melalui medsos yakni melalui Facebook, Twitter, Instagram, serta akun lainnya yang saat ini rata-rata digandrungi oleh kaum milenial. "Jangan kita memperhatikan apa saja yang kita inginkan. Tapi juga kita harus tahu apa yang tidak kita inginkan," ujarnya.
Acara Smart PR In Digital Era, digelar Sriwijaya Post-Tribun Sumsel serta Forum Komunikasi Daerah (FKD) Kompas Gramedia. Diikuti diantaranya PR Astra Honda Motor, RS Siloam, Telkomsel, serta perwakilan Humas/Diskominfo Pemkab/Kota/Pemprov Sumsel.
Para peserta pun merasa puas dengan materi yang disampaikan Bang Dahlan dalam paparan dan diskusinya. "Beruntung kami ikut training ini, karena materi yang disampaikan benar-benar ilmu bagi kami untuk menyampaikan informasi," ujar Romi, perwakilan dari Pemkot Pagaralam.
Acara sekitar empat jam ini dibuka Kepala Newsroom Sriwijaya Post-Tribun Sumsel Hadi Prayogo didampingi Pemimpin Redaksi Tribun Sumsel Hj L Weny Ramdiastuti, Pemimpin Perushaan Tribun Sumsel MF Ririen Kusuma Wardani dan jajaran lainnya.
Hadi mengatakan, kegaiatan seminar ini merupakan pertemuan ketiga terkait digital media. "Kedatangan bang Dahlan ini untuk memberikan pencerahan di rea digital. Karena itu kita hadirkan pakarnya digital era," ujar Hadi Prayogo.
Dia berharap, acara ini bisa lebih mencerdaskan Humas/Kominfo/PR sehingga apa yang disampaikan akan efektif sesuai harapan atasan dan masyarakat sebagai penerima pesan. (bew)
Dikirim dari iPad saya
0 Response to "Foto --- KAK SYAHRUL"
Post a Comment