BRI Jangkau Nasabah Lebih Dekat
PALEMBANG, SRIPO -- Dalam rangka optimalisasi dan evaluasi program keuangan inklusif yang telah mulai berjalan sejak 2014 lalu, Kantor Wilayah Bank Rakyat Indonesia (BRI) Palembang menerima kunjungan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) untuk nasabah-nasabah BRI di Wilayah Kota Palembang, khususnya nasabah usaha mikro.
Direktur Eksekutif Kepala Departemen Literasi dan Inklusi keuangan OJK Agus Sugiarto, mengatakan, kunjungan kali ini difokuskan pada penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR), Layanan Keuangan Mikro (Laku Mikro), dan Layanan Keuangan Tanpa Kantor dalam Rangka Keuangan Inklusif (Laku Pandai).
"Tujuan kunjungan ini tak lain adalah untuk menyampaian pengetahuan dan pemberian solusi layanan perbankan kepada nasabah-nasabah usaha mikro guna meningkatkan tingkat financial literacy (pengetahuan masyakarat tentang layanan keuangan dan perbankan) " ujarnya, yang turut didampingi Kepala Divisi Pembinaan Mikro BRI Eko Bayu, Wakil Pemimpin Wilayah BRI Palembang Emen Zuardi, dan Kepala Bagian Divisi Transaction Banking BRI Ahmad Furkon
Ia juga mengatakan, salah satu nasabah yang dikunjungi adalah agen BRILink.
"Selain agen, kita juga ajak pelaku keuangan inklusif yang terdiri dari pekerja BRI serta nasabah KUR BRI. Bahkan, tadi juga sempat langsung praktek transaksi pembelian pulsa, transfer, dan pembelian Asuransi Mikro KKM di Agen BRILink Suharto" tuturnya beberapa waktu lalu
Ditambahkan Wakil Pemimpin Wilayah BRI Palembang Emen Zuardi, Agen BRILink tersebut merupakan perluasan channel dan layanan BRI, dimana BRI bekerjasama dengan nasabah untuk menjadi Agen yang dapat melayani transaksi perbankan bagi masyarakat secara real time online dengan konsep sharing fee.
"Agen BRILink ikut mendukung program keuangan inklusif OJK dengan merekomendasikan pembukaan rekening Basic Saving Account (BSA) lebih dari 30 rekening, referral pinjaman mikro lebih dari 20 orang , dan belasan penjualan Asuransi Mikro KKM pada masyarakat sekitar" ungkapnya.
"Layanan Laku Pandai di BANK BRI tersedia pada Agen BRILink untuk unbanked/unserved people dalam rangka mewujudkan keuangan inklusif,"tambah Emen
Hingga bulan April 2016, dikatakan Emen, terdapat 65.341 Agen BRILink (tumbuh 201% secara yoy) yang tersebar di seluruh pelosok nusantara. Khusus Agen BRILink Wilayah Binaan Kanwil BRI Palembang, telah tersebar Agen BRILink sebanyak 2,764 per Juni 2016 (tumbuh 173% secara yoy) dan akan bertambah menjadi 3.387 Agen BRILink pada bulan Desember 2016.
Sedangkan dari sisi transaksi di Wilayah Binaan Kanwil BRI Palembang, pencapaian transaksi mencapai 1,6 juta transaksi dengan volume sebesar Rp 2,6 Triliun hingga Juni 2016.
"Pencapaian tersebut tentunya merupakan bentuk Semangat, Loyalitas, Komitmen, dan Integritas dari seluruh Agen BRILink yang tersebar di wilayah binaan Kanwil BRI Palembang" jelasnya.
Selain itu dengan adanya layanan Laku Pandai untuk pembukaan rekening Tabunganku, referral pinjaman dan penjualan asuransi mikro ini, diharapkan dapat membantu masyakarat di sekitar agen BRILink.
Khusus Asuransi Mikro KKM, preminya sangat ringan hanya Rp 50.000 per tahun dengan berbagai manfaat yang diterima seperti santunan kematian, santunan cacat akibat kecelakaan, santunan biaya operasi dan santunan rawat inap rumah sakit.
Dengan hadirnya Agen BRILink, masyarakat sekitar Agen ikut merasakan manfaatnya. Antara lain, Dekat dengan rumah/domisili sehingga menghemat waktu dan biaya, Bisa transaksi kapanpun tanpa dibatasi jam kantor dan hari libur.
"Bisa menabung dan tarik tunai dengan nominal mata uang rupiah terkecil.
Suasana lebih kekeluargaan, santai dan informal" tutupnya.(cr26)
Caption
Direktur Eksekutif Kepala Departemen Literasi dan Inklusi keuangan OJK Agus Sugiarto bersama jajaran BRI Kantor Wilayah Palembang saat melakukan kunjungan ke agen BRILink Suharto
0 Response to "BRI Jangkau Nasabah Lebih Dekat"
Post a Comment