Baru 40 Persen UKM Gunakan Digital Marketing
//Pelaku UKM Harus Pintar Pilih Media Jualan
//Seminar Digital Marketing Kompas Bersama Telkomsel
PALEMBANG, SRIPO -- Saat ini untuk memasarkan sebuah produk tidak mesti memiliki sebuah gerai atau toko. Anda cukup memiliki sebuah smartphone yang didukung dengan jaringan provider handal. Dengan dua modal tersebut, anda akan tetap bisa memasarkan produk ke konsumen bahkan bisa menjangkau hingga ke luar negeri.
Namun sayangnya, saat ini tercatat baru 40 persen saja pelaku Usaha Kecil Menengah (UKM) di Sumsel yang memanfaatkan digital marketing.
"40 persen pelaku UKM yang memanfaatkan digital marketing adalah mereka yang sudah paham IT, sudah paham bagaimana membuat email, menggunakan media sosial dan lain sebagainya. Sementara sisanya, 60 persen pelaku UKM yang memasarkan produk secara konvensional. Total ada sekitar 500 ribu UKM yang tercatat di kita" jelas, Ketua Forum Tenaga Pendamping UMKM Sumsel, Salama Sri Susanti.
Ditemui usai menjadi pembicara dalam seminar Digital Marketing hasil sinergi Telkomsel dan Kompas di Grand Ballroom Aryaduta, Jumat (22/4), Salama juga mengatakan, guna meningkatkan produktifitas pelaku UKM dalam memasarkan produknya pihaknya saat ini tengah memberikan pelatihan pada UKM-UKM yang di Sumsel.
"Materi pelatihan yang kita berikan diantaranya, tentang IT, Manajerial dan teknik pemasaran produk. Untuk pelatihan IT kita difasilitasi oleh Universitas Tridinanti Palembang. Jadi di sana, para pelaku UKM diberikan seperti pelatihan bagaimana membuat email, membuat blog, dan lain sebagainya," tuturnya.
"Sehingga harapannya, produk-produk yang dihasilkan mereka dapat dipasarkan secara lebih luas. Tentunya hal ini dapat memberi dampak postif bagi perkembangan bisnisnya," tambahnya.
Sementara itu, Recmawati, salah seorang peserta seminar yang juga memiliki usaha pembuatan bakso ini mengatakan, pemanfaatan digital marketing dinilai lebih tepat sasaran untuk era saat ini. Pasalnya, jumlah konsumen yang bisa dijangkau lebih banyak.
"Saya dulu pernah punya SPG yang sengaja saya siapkan untuk pemasaran produk, tapi ternyata hasilnya tak terlalu memuaskan. Karena lihat hasil yang tak bagus itu, saya mulai beralih ke digital marketing, dan hasilnya ternyata lebih bagus lebih banyak yang pesan bahkan hingga luar Kota Palembang. Untuk media yang saya gunakan untuk lapak adalah OLX," ungkapnya.
Dalam acara seminar tersebut tak hanya Recmawati saja yang hadir, ada sekitar 135 pelaku UKM yang turut hadir dari beragam latar bisnis, mulai dari jualan pakaian, bisnis pulsa elektrik, pelaku usaha kuliner dan lain sebagainya.(cr26)
0 Response to "Baru 40 Persen UKM Gunakan Digital Marketing //Pelaku UKM Harus Pintar Pilih Media Jualan //Seminar Digital Marketing Kompas Bersama Telkomsel"
Post a Comment