Buy and Sell text links

CSR PTBA ikuti Lomba Program Kampung Iklim Tingkat Nasional
SRIPOKU.COM, MUARA ENIM,---
Sebagai Perusahaan Tambang batu bara plat merah yang saat ini telah  menjadi bagian dari Holding BUMN Pertambangan, MIND ID,  PT Bukit Asam Tbk (PTBA) terus konsisten dalam mengimplementasikan tanggung jawab perusahaan  kepada lingkungan dan pemangku kepentingan atau stakeholder  lainnya, Kamis (20/8/2020)
Sekretaris Perusahaan PTBA, Apollonius Andwie melalui  Manajer Humas, Iko Gusman menjelaskan sebelumnya pada tahun 2018 PTBA telah meraih penghargaan Desa Binaan Program Kampung Iklim dari Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan kategori  proklim utama yang diraih oleh Desa Ulah Pandan Kecamatan Merapi Barat Kabupaten Lahat. Dan pada tahun 2020 ini PTBA kembali melakukan upaya Desa Binaan Program Kampung Iklim untuk wilayah Semende Darat Ulu kabupaten Muara Enim. Dari tiga Desa dan 10 Kampung atau Dusun yang telah dibina CSR PTBA untuk menunjang proklim lestari, terpilihlah enam Dusun yang diajukan dan layak untuk mengikuti penilaian Program Kampung Iklim kategori utama. Ke enam dusun tersebut  terdiri dua dusun asal Desa Danau Gerak, tiga dusun asal Desa Tanjung Agung dan satu dusun asal Desa Tanjung Tiga. 
"Untuk nara sumber lomba terdiri dari perangkat desa, Kades, Kadus dan Ibu ibu PKK perwakilan dari masing masing desa terpilih," katanya. 
Dijelaskan Iko, sebagai bentuk dukungan perusahaan terhadap binaan desa tersebut PT Bukit Asam Tbk telah memberikan bantuan bibit Sawit (Pucuk Merah) sebanyak 500 batang di masing masing desa yang telah diserahkan pada tanggal 5 Agustus 2020 lalu.
Dengan membina Proklim ini, pihaknya berharap bisa terus memberikan kontribusi dalam aksi adaptasi dan mitigasi perubahan iklim melalui Proklim. Selain itu kegiatan Proklim ini diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat di tingkat lokal sesuai dengan kondisi wilayah masing – masing.
Dan kegiatan ini, sambung Iko, adalah bentuk tanggung jawab  PTBA sehingga dapat dirasakan masyarakat secara langsung melalui implementasi program Corporate Social Responsibility (CSR) dan Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL) selama ini. Dalam menjalankan programnya, PTBA menerapkan prinsip environment, social, governance, dan management (ESGM).  Dari sini lahirkan program - program unggulan yang  tidak hanya memupuk kemitraan dengan masyarakat sekitar, tapi juga membina lingkungan agar tetap lestari, diantaranya Program Kampung Iklim (Proklim). Dan untuk menilai sejauh mana program pembinaan itu dijalankan CSR PTBA, Tim verifikasi  Proklim Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Direktorat Jenderal perubahan Iklim Pemerintahan Sumatera Selatan melakukan lawatan ke Desa-desa binaan CSR PTBA. Salah satunya Desa Danau Gerak Kecamatan Semende Darat Laut Kabupaten Muara Enim yang akan diikut sertakan dalam lomba Kampung Proklim tingkat Nasional tahun 2020. 
" Kunjungan tim yang beranggotakan Heri Mulyono dari Balai Pencegahan Perubahan Iklim Kebakaran Hutan Lahan Wilayah Sumatera dan Yeni Marcia dari Dinas Lingkungan Hidup Dan Pertanahan Propinsi Sumatera Selatan dilakukan selama tiga hari, pada Selasa-Kamis/18-19 Agustus 2020," jelasnya.
Menurut  salah satu pendamping Tim dari DLH Muara Enim yang ikut serta dalam kunjungan tersebut, Khusnul Muassiroh, ST., M.Sc., mengatakan Program Kampung Iklim (Proklim) merupakan program berlingkup nasional yang dikelola oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia dalam rangka meningkatkan keterlibatan masyarakat dalam melakukan aksi adaptasi dan mitigasi perubahan iklim serta penurunan emisi gas rumah kaca. 
Sementara itu, kepala Desa Danau Gerak Hendri, yang merupakan salah satu Desa yang dikunjungi tim verifikasi, mengucapkan banyak terima kasih atas kunjungan dari Tim Proklim DLH Sumsel di Desa Danau Gerak dan Desa Lainnya, terutama kepada CSR PT Bukit Asam Tbk yang telah membina desa kami sehingga masuk verifikasi kategori proklim utama. Pihaknya berharap dari penilaian ini dapat terpilih sebagai Proklim Utama Tingkat Nasional Tahun 2020.(ari)
CAPTION FOTO :
Verifikasi : Tampak tim verifikasi melakukan peninjauan ke desa-desa yang akan menjadi kandidat lomba Lomba Program Kampung Iklim Tingkat Nasional

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to " "