Buy and Sell text links

Sejarah Land Rover 


‎Sejarah Land Rover 


PALEMBANG, SRIPO--Land Rover Defender awalnya disebut Land Rover Ninty dan Land Rover One Ten. Merupakan kendaraan offroad serbaga guna dengan penggerak 4 roda yang dikembangkan dari Land Rover Series sejak tahun 1948. ‎

Sejak kelahirannya, jip Land Rover telah menunjukkan kemampuannya menaklukkan medan offroad, baik di lumpur, salju, maupun padang pasir. Namun, setelah hadir tanpa henti sejak kelahirannya pada 1948, pada Desember 2015 perjalanan panjang jip Inggris selama 67 tahun itu akan diakhiri. Pengumuman itu dikeluarkan Land Rover pada Oktober 2013.

Jip murni Inggris itu tidak dapat lagi bersaing dengan adik-adik kandungnya yang muncul dalam bentuk sport utility vehicle (SUV), seperti Range Rover yang paling mewah, Discovery, dan Freelander. SUV adalah gabungan antara sebuah jip murni dan sedan, atau jip yang bercita rasa sedan, terutama dalam kemewahan dan kenyamanan.‎

Land Rover 90 dan Land Rover 110 diperkenalkan pada 1983. Angka 90 dan 110 itu mewakili ukuran wheelbase (jarak antara as roda depan dan roda belakang) yang diukur dengan inci. Dan, angka itu menandakan model jip Land Rover, Land Rover 90 (short chassis), dan Land Rover 110 (long chassis). Land Rover 90 dan Land Rover 110 menggantikan Land Rover Serie III (1971-1985). Produksi Land Rover 90 dan Land Rover 110 diakhiri pada 1990 dan digantikan dengan Land Rover Defender. Dan, selama Land Rover 90 dan Land Rover 110 diproduksi (1983-1990), di luar kedua model itu, Land Rover hanya memproduksi Range Rover.

Tahun 1989, Land Rover mulai mempersiapkan pembuatan Land Rover Discovery. Untuk tidak membuat konsumen bingung, Land Rover 90 dan Land Rover 110 diganti dengan Land Rover Defender 90 dan Land Rover Defender 110. Sesungguhnya, sejak tahun 1985, Land Rover juga memproduksi Land Rover 127, yang kemudian berganti nama menjadi Land Rover Defender 130 walaupun ukuranwheelbase-nya tetap 127 inci (1 inci = 2,54 sentimeter).

Defender yang ada saat ini adalah produksi tahun 2012 dan menyandang mesin diesel dengan kapasitas 2.2 Liter (2.198 cc), 4 silinder segaris, common rail(injeksi bahan bakar bertekanan tinggi elektrik yang menyemprotkan bahan bakar langsung ke ruang bakar secara independen), dan diperkuatturbocharger.

Mesin itu menghasilkan tenaga maksimum 120 PK pada 3.500 rpm dan 361 Nm pada 2.000 rpm. Tenaga dan torsi mesin itu diteruskan ke keempat roda (penggerak empat roda permanen) melalui persneling manual dengan 6 tingkat kecepatan. Kemampuan akselerasi dari 0-100 kilometer per jam dicapai dalam waktu 15,8 detik dan kecepatan maksimumnya 145 kilometer per jam. Defender TDCI itu dilengkapiantilock brake system (ABS), pengendali traksi (traction control), dan dynamic stability control (DSC).

Diawali dengan jip Willys

Di Inggris, jip Land Rover muncul bukan untuk keperluan perang, melainkan untuk penggunaan di peternakan. Dikisahkan, Maurice Wilks, kepala tim desain perusahaan pembuat mobil Inggris, Rover, menggunakan jip Willys-Overland buatan Amerika Serikat di peternakan miliknya di Newborough, Anglesey, Inggris, tahun 1945. Jip itu adalah sisa dari kendaraan militer yang digunakan Inggris dan sekutu pada Perang Dunia II yang jumlahnya berlebih.

Pada 1946, Wilks merasa masa pakai jip Willys-nya sudah hampir berakhir, mengingat saat itu suku cadang Willys tidak mudah didapat. Ia berniat untuk mencari gantinya. Namun, di Inggris, penggantinya tidak tersedia. Inggris belum memiliki jip produksi sendiri. Maurice kemudian mengajak kakaknya, Spencer Wilks, Manajer Umum di Rover, untuk membuat jip.

Pada September 1947, proyek Land Rover secara resmi dimulai. Catatan pertemuan Dewan Direktur Rover memutuskan membuat kendaraan serbaguna dengan menggunakan platform yang sama dengan jip Willys. Prototipe yang pertama, yang disebut dengan nama Centre Steer, masih menggunakan chassis dan gardan (axle) milik jip Willys.

Tahun 1948, prototipe Land Rover muncul di Amsterdam Motor Show dan mendapatkan sambutan yang sangat baik dari konsumen. Pada tahun itu juga, diluncurkan Land Rover Serie I, yang menyandang mesin bensin dengan kapasitas 1.6 Liter (1.595 cc), 4 silinder segaris, yang menghasilkan tenaga maksimum 51 PK pada 4.000 rpm dan torsi maksimum 108 Nm pada 2.000 rpm. Tenaga dan torsi itu diteruskan ke keempat roda (penggerak empat roda permanen) dengan persneling manual dengan 4 tingkat kecepatan.

Tanggal 1 September 1955, dari Hyde Park, London, diawalilah perjalanan bersejarah London-Singapura. Dua Land Rover Serie I meninggalkan London, melintasi Selat Inggris, dengan pesawat angkut Silver City Airways menuju Perancis, kemudian melanjutkan perjalanan ke Monako, Jerman, Austria, Yugoslavia (kini Slovenia, Kroasia, dan Macedonia), Yunani, Turki (menyeberangi Selat Bosphorus dengan kapal), Suriah, Irak, Iran, Afganistan, Pakistan, India, Nepal, Burma (kini, Myanmar), Thailand, Malaysia, dan Singapura. Digambarkan, dalam perjalanan itu banyak sekali sungai yang harus dilewati. (cr10/ berbagai sumber)



Subscribe to receive free email updates:

Related Posts :

0 Response to "Sejarah Land Rover "