Buy and Sell text links

Berita OKI


Kerajinan Purun Sambut Asian Games
KAYUAGUNG, SRIPO -- Menyambut Asian Games sebentar lagi, Dinas Industri Kecil Menengah dan Koperasi Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) akan memamerkan hasil kerajinan dari purun dengan beragam corak kerajinan tangan.

Kepala Bidang Industri Kecil dan Menengah (IKM), Dinas Industri Kecil Menengah dan Koperasi, Syaiful Anwar mengatakan, purun memang kerajinan khas daerah dari Kecamatan Pedamaran OKI, yang dibuat bukan hanya tikar, tapi juga tas, sandal dan kerajinanan lainya. "Untuk pameran kami sudah siap 80 persen," ujar Syaiful, pada wartawan, Minggu(15/7).

Masih kata Syaiful, pihaknya menyewa satu stand dengan biaya Rp 35 juta selama Asian Games berlangsung. Pihaknya juga memamerkan songket khas Kayuagung, serta beragam makanan jenis pempek, model, tekwan dan kemplang yang sudah dikenal masyarakat.

Mengenai harga bervariasi tergantung dengan barang yang dijual mulai dari harga Rp 7 ribu hingga ratusan ribu. "Untuk harga ada ada yang termurah dan ada yang mahaol, sebab dilihat dari tingkat kesulitan dalam pembuatannya," tutur Syaiful.

Syaiful berharap kedepan 25 kelompok pengajian binaan IKM untuk terus berinovasi mengembangkan hasil kerajinan dari purun, sehingga dapat bernilai tinggi dengan kualitas terbaik.

Yama pengrajin purin mengaku, setiap hari ia mampu menganyam hingga 10 tikar satu tikar dijual Rp10 ribu sampai Rp15 ribu. "Kalau jualan berjalan saja ada saja yang beli tikar tiap minggunya apalagi disini semua pengrajin," ujar Yama yang mengharapkan perhatian dari pemerintah agar bisa memberikan bantuan dan menempatkan lokasi pemasaran kerajinan yang lebih baik lagi.

Tertpisah Wakil Ketua DPD Jaringan Pendamping Kinerja Pemerintah (JPKP) Kabupaten OKI, Ali Musa akan mendukung sepenuhnya, para pengrajin di wilayah Kabupaten OKI. Pihaknya dalam waktu dekat akan mendata seluruh pengrajin yang ada di wilayah OKI.
"Semua pengrajin akan kita data dan dilaporkan ke pemerintah pusat, agar mereka dapat perhatian khusus dan menjadi tolak ukur kemajuan yang terarah bagi mereka," tandas Ali Musa. (mbd)

SRIPO/MAT BODOK
Kerajinan dari bahan purun asal Kecamatan Pedamaran OKI, akan dipamerkan menyambut Asian Games Agustus 2018 mendatang.jpg

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Berita OKI"